Beranda Nasional Umat Hindu Rela tak Pawai Ogoh-ogoh untuk Sukseskan Kampung Sehat 2 NTB

Umat Hindu Rela tak Pawai Ogoh-ogoh untuk Sukseskan Kampung Sehat 2 NTB

56
0

Mataram – Intervensi Kampung Sehat 2 Nurut Tatanan Baru yang diinisiasi Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., menjadi perhatian dan diapresiasi banyak kalangan di Nusa Tenggara Barat (NTB), tak terkecuali umat Hindu di Kota Mataram yang rela tidak menggelar Pawai Ogoh-ogoh.
Salah seorang tokoh umat Hindu Ida Bagus Karang, Ahad (14/3/2021), yang ditemui saat mempersiapkan Catur Brata Penyepian mengungkapkan, di masa pandemi Pawai Ogoh-ogoh yang merupakan simbol peperangan melawan roh-roh jahat, yang biasa digelar atau dilaksanakan setiap tahun tidak perlu dilaksanakan, karena kita juga sedang berperang melawan musuh yang tidak kasat mata Covid-19.
“Masih ada peperangan yang juga tidak kalah besar yang saat ini kita hadapi, yakni berperang untuk melawan Virus Corona yang tidak kasat mata (tidak bisa dilihat, red), yang hanya bisa kita lihat dari gejala-gejala saja,” ungkapnya.
“Jadi, kami umat Hindu merasa perlu untuk tidak melaksanakan, salah satu ritual kami yakni Pawai Ogoh-ogoh. Selain karena adanya intervensi Kampung Sehat 2, juga lebih karena kami menyadari tak ingin Virus Corona kian merajalela,” tambahnya.
Pria jangkung yang akrab dengan sapaan Pak Ida Bagus itu mengatakan, sejak Indonesia khususnya Provinsi NTB terkonfirmasi adanya Covid-19, umat Hindu telah mentaati setiap kebijakan dan anjuran pemerintah, salah satunya adalah terkait protokol kesehatan (prokes).
“Pada prinsipnya, kami setuju tidak ada Ogoh-ogoh karena akan mengundang orang banyak, dan saya sangat khawatir jika ada kerumunan masa, karena kita tidak tahu dengan jelas Virus Corona dimana, dibawa siapa,” jelasnya.
“Itu yang saya maksud dengan musuh yang tak kasat mata, kita tidak melihatnya,” imbuh Ida Bagus.
Kepala Lingkungan Sweta Barat itu juga mengapresiasi langkah Kapolda NTB, yang telah meluncurkan Program Kampung Sehat bersama Forkopimda NTB, dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.
“Kami bangga sama Pak Kapolda M. Iqbal, Pak Komandan Korem, Pak Gubernur juga Pak Walikota yang telah punya inisiatif Kampung Sehat, yang dilakukan secara masif. Semoga dengan Kampung Sehat ini, Virus Corona bisa hilangkan dari NTB,” sebutnya.
Pihaknya juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat, agar secara bersama-sama membantu setiap program yang dihajatkan, untuk kemaslahatan masyarakat NTB.
“Mari kita sukseskan setiap program pemerintah untuk kebaikan kita semua, seperti Kampung Sehat yang dimaksudkan untuk menjaga kita semua dari Virus Corona,” imbaunya.
“Pak Kapolda bilang terapkan 5 M, dengan 5M kita akan terbebas dari pandemi Covid-19. Kita juga perlu mendukung program vaksinasi yang tujuannya sejalan dengan Kampung Sehat. Sekali lagi, terima kasih Pak Kapolda NTB,” tutupnya. (Red)

Iklan TOI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here