Beranda Breaking News Makan tidak harus dengan nasi, bahan pangan potensi dimiliki NTB

Makan tidak harus dengan nasi, bahan pangan potensi dimiliki NTB

224
0
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB H. Fathul Gani didampingi Wakil Ketua TP PKK Lale Gita Aryadi saat menilai lomba mengolah masakan dengam sumber selain nasi beberapa waktu lalu

Mataram (Detikntbcom),- Sejumlah terobosan tepat guna digelorakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB menyangkut ketersedian dan mengantisipasi terjadinya kelangkaan pangan di tengah masyarakat.

Diketahui, bahwa masyakat NTB sangat bergantung pada nasi (beras), sebagai makanan pokok yang dibutuhkan tubuh. Padahal, banyak bahan pangan yang memiliki kandungan karbohidrat yang sama, tumbuh di wilayah Bumi Gora.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTB Fathul Gani mengatakan, kenyang tak harus nasi. Dengan memperkenalkan secara meluas aneka pangan lain, diharapkan warga tidak bergantung pada nasi.

Gerakan diversifikasi pangan, diharapkan memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa bahan pokok bukan saja nasi.

“Tapi masih banyak sumber karbohidrat lainnya dan bahkan memiliki kandungan gizi yang lebih beragam tumbuh subur di wilayah kita,” ujar Gani saat menggelar Gerakan Diversifikasi Pangan di Halaman Belakang Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB beberapa hari yang lalu.

Untuk diketahui, Nusa Tenggara Barat, memiliki berbagai jenis pangan lokal yang sangat beragam seperti jagung, talas, berbagai jenis umbi umbian, labu, kentang, sorgum dan sumber makanan selain beras lainnya. (Iba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here