Kamal Pearl promosikan mutiara Lombok hingga mancanegara

Salah satu Mutia Lombok Milik Kamal Pearl (Istimewa/Detikntbcom)

Mataram (Detikntbcom) – Gerai mutiara berkualitas, Kamal Pearl Lombok melaunching logo baru, Sabtu 26 Februari 2022, di pusat gerai mutiara Kamal Pearl, jalan Lingkar Selatan, kawasan Petemon, Pagutan, Kota Mataram.

Peluncuran new branding Kamal Pearl dirangkaikan dengan silaturahmi bersama para pemandu wisata yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) NTB, serta jajaran anggota Assosiasi NTB Pearl.

Owner Kamal Pearl, Kamaluddin mengatakan, peluncuran new branding Kamal Pearl dilakukan sebagai wujud kesiapan industri Mutiara Lombok dalam menyambut perhelatan MotoGP Mandalika.

“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan untuk kembali bangkitnya sektor kepariwisataan di NTB secara umum,” kata Kamaluddin.

Ia mengakui, bisnis Mutiara Lombok termasuk salah satu usaha yang sempat terdampak pandemi Covid-19. Namun, kondisi dan masa-masa sulit tersebut justru bisa menumbuhkan inovasi-inovasi yang positif.

Kamaluddin mengatakan, sejak tahun 2000 usaha Mutiara Lombok miliknya hanya mengandalkan pemasaran manual secara offline, dengan berharap pada banyaknya kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Seperti industri pariwisata lainnya, Kamal Pearl sempat mengalami masa sulit pasca Gempa Bumi Lombok 2018 yang disusul pandemi Covid-19 sejak awal 2020 silam.

“Saat itu memang berat, tamu atau wisatawan sangat sedikit bahkan nyaris tidak ada yang datang. Saya akhirnya mencoba memasuki pemasaran digital memanfaatkan platform online sejak awal 2021, dan Alhamdulillah, Mutiara Lombok semakin bisa dikenal mancanegara,” kata Kamaluddin.

Kamaluddin mengatakan, saat ini Kamal Pearl siap menyambut event MotoGP Mandalika. Para pecinta mutiara Lombok bisa mengunjungi gerai Kamal Pearl dan menemukan beragam produk perhiasan mutiara berkualitas.

Produk-produk perhiasan Mutiara Kamal Pearl bisa diakses melalui website www.kamalpearl.com dan instagram @kamal_pearl.

Saat ini produk berkualitas dari Kamal Pearl banyak diminati negara-negara asia seperti, China, Korea dan Jepang, juga sejumlah negara eropa.

“Produk kami dijamin kualitasnya dan semua punya sertifikasi,” ujar Kamaluddin.

Kegiatan peluncuran new branding Kamal Pearl berlangsung dengan penuh keakraban.

Kamaluddin menjelaskan, filosofi logo Kamal Pearl yang dirancang dengan sentuhan elemen bunga menggambarkan representasi bisnis feminim yang diharapkan bisa tumbuh dan berkembang, membawa harum Mutiara Lombok ke seluruh penjuru dunia.

Sementara itu, Ketua Assosiasi NTB Pearl, HM Fauzi mengapresiasi upaya nyata Kamaluddin selaku owner Kamal Pearl yang terus optimis membangun pasar mutiara Lombok, hingga ke mancanegara.

“Di saat banyak usaha menyerah dan terpukul karena pandemi, pak Kamaluddin mampu menginspirasi. Apa yang dilakukan Kamal Pearl, bisa menjadi contoh baik bagi pelaku usaha terutama anggota assosiasi kami,” kata Fauzi.

Fauzi menjelaskan, Mutiara Lombok berjenis South Sea Pearl atau Mutiara Laut Selatan, merupakan jenis mutiara berkualitas yang sangat diminati di dunia.

Meski jenis mutiara ini juga diproduksi di beberapa daerah lain di Indonesia dan di beberapa negara, namun soal kualitas, Mutiara Lombok masih diakui paling bagus.

Menurutnya, saat ini Assosiasi NTB Pearl tengah mengajukan Hak atas Indikasi Geografis (IG) untuk Mutiara Lombok ke Kementerian Hukum dan HAM.

“Dengan IG ini maka branding Mutiara Lombok akan lebih kuat, dan mudah-mudahan pelaku bisnis mutiara di daerah kita ini bisa menjadikan mutiara sebagai ikon pariwisata NTB,” ujarnya. (Iba)