TGH Hazmi Hamzar harap PC NU di NTB bisa jembatani ulama liberal dengan tradisional

Anggota Komisi V DPRD NTB yang juga Ketua Yayasan Maraqittaqlimat Tuan Guru Haji Hazmi Hamzar (Istimewa/Detikntbcom)

Mataram (Detikntbcom) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) se-Nusa Tenggara Barat resmi dilantik hari ini Sabtu, 26 Februari 2022. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Kantor PW NU NTB pagi tadi.

Ketua Yayasan Maraqitta’limat Tuan Guru Haji (TGH) Hazmi Hamzar turut mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut.

Para pengurus baru PC NU tersebut oleh TGH Hazmi Hamzar diharapkan pemikirannya bisa merumuskan dan menyelesaikan persoalan yang terjadi di tengah masyarakat dan bangsa Indonesia.

Selain itu, anggota DPRD NTB ini berharap para pengurus baru bisa menjembatani ulama nahdliyyin tradisional dengan ulama nahdliyyin liberal.

“Jurang antara ulama tradisional dan ulama liberalnya itu jomblang. Diharapkan pengurus baru ini mampu menjembatani dua kelompok tersebut di kalangan Nahdlatul Ulama ini,” harapnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap, kelompok ulama tradisional bisa ditarik ke atas untuk mengikuti perkembangan yang lebih modern sehingga tidak ditinggalkan oleh ummat dan juga bagaimana menarik sedikit ke bawah kelompok yang liberal ini sehingga tidak terlalu jauh meninggalkan tradisi NU.

“Sehingga menempatkannya pada posisi di tengah. Biarlah modern tapi tidak meninggalkan tradisi dan ulama tradisional tidak apatis juga terhadap modernisasi sekarang. Terutama menghadapi pemikiran baru sekarang ini,” katanya.

Pihaknya mengungkapkan, para pemikir di NU yang bergelar guru besar dan profesor itu tidak sedikit. Pikiran-pikiran tersebut tidak sedikit didapat dari negara-negara modern dan maju, juga dari negara sekular serta di negara-negara yang menganut syi’ah pun seperti Iran dan di negara Timur Tengah lainnya banyak.

“Nah, itu bagaimana meramu ilmu yang diperoleh dari berbagai negara yang banyak memiliki kemajuan berfikir tersebut sehingga sesuatu yang baru dan betul-betul bermanfaat bagi NU khususnya dan tentunya bagi kepentingan bangsa pada umumnya,” ujarnya.

Pihaknya, tidak saja mengucapkan selamat atas pelantikan para pengurus PC NU se-NTB tersebut namun juga sumbangsih pemikiran dan gagasannya yang harus disampaikan.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada PC NU yang telah dilantik hari ini,” pungkasnya. (Iba)