NTB-Romania Jajaki Kerjasama Komoditi hingga Kawasan Kayangan Global Hub

Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi bersama Duta Besar Romania untuk Indonesia H.E Dan Adrian Balanescu di kantor Gubernur NTB, Selasa 24 Oktober 2023.

DetikNTBCom – Pemerintah Provinsi NTB menyambut baik berbagai kemungkinan kerjasama dengan pemerintah Romania. Hal tersebut diutarakan Lalu Gita Ariadi saat menerima audiensi Duta Besar Rumania untuk Indonesia H.E Dan Adrian Balanescu di Kantor Gubernur NTB, Selasa 24 Oktober 2023.

Audiensi tersebut membahas berbagai potensi kerjasama yang bisa dilakukan antara Pemerintah Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Romania.

gambar Iklan

“Kami siap bekerjasama dengan Romania, government to government, business to business, people to people,” ujar Miq Gita sapaan Pj Gubernur.

Miq Gita dalam kesempatan tersebut memaparkan berbagai potensi Provinsi NTB yang bisa dikolaborasikan dengan Romania. Potensi tersebut di berbagai bidang, seperti pendidikan, perdagangan, pertanian, peternakan, pariwisata, hingga berbagai sektor investasi.

Secara garis besar, Pj Gubernur menawarkan kawasan Kayangan Global Hub yang terbuka bagi para investor Romania, berbagai komoditi khas NTB yang siap diekspor, serta para pemuda pemudi NTB yang siap menerima peluang beasiswa maupun program pertukaran pelajar ke Romania.

“Kami siap datang ke kedutaan Romania di Jakarta, untuk membawa data-data untuk dipersentasikan,” ungkap Miq Gite.

Sementara itu, Duta Besar Rumania untuk Indonesia H.E Dan Adrian Balanescu menjelaskan Pemerintah Romania ingin mengenal Provinsi NTB lebih jauh untuk mengetahui berbagai kemungkinan potensi kerjasama yang bisa dilakukan.

Berbagai kemungkinan kerjasama yang dilakukan Romania dan Pemprov NTB, seperti menjadi sister province, kerjasama di bidang perdagangan, pendidikan, bahkan H.E Dan Adrian Balanescu menyebutkan Romania berniat untuk membangun konsulat dagang di NTB.

We can find some opportunities to collaborate (kita bisa menemukan berbagai kemungkinan untuk bekerjasama,” ungkapnya. (Red)