Penjabat Gubernur NTB Launching Resmi ‘Jumat Salam’, Tepis Bukan Agenda Politik

Program Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat (Jumat Salam) resmi dilauncing oleh Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi bertempat di Wisata Melon Desa Kebun Ayu Lombok Barat, acara diawali dengan Senam Bersama yang berlangsung meriah 27 Oktober 2023.

DetikNTBCom – Program Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat (Jumat Salam) resmi dilauncing oleh Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi bertempat di Wisata Melon Desa Kebun Ayu Lombok Barat, acara diawali dengan Senam Bersama yang berlangsung meriah 27 Oktober 2023.

Gita menyampaikan, pilihan lokasi tempat Launching Jumat Salam ini terinspirasi dari daerah Kebun Ayu, lantaran melahirkan gerakan Jumat Bersih yang sudah menasional.

gambar Iklan

Karena itulah, lanjutnya, diharapkan Program Jumat Salam dan Jumat Belondong bisa menggerakkan ekonomi desa. Diperlukan banyak penenun pengrajin yang bisa memproduk tenun sarung dari kedua program tersebut.

Terkait kegiatan turun ke desa, disampaikannya bukan agenda politik. Melainkan agenda politik kenegaraan untuk menyosialisasikan penyambutan pesta demokrasi menyukseskan pemilu, pilkada dan pilpres.

Oleh karena itu, Miq Gita sapaannya mengingatkan kepada seluruh ASN harus menjadi garda terdepan dengan tetap menegakkan netralitas sebagai ASN.

“Dengan menegakkan netralitas sebagai ASN itu menghadirkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat tanpa membedakan apiliasi politik masyarakat yang menjadi klien dari layanan publik,” tandasnya.

Gita memberikan pesan tentang pentingnya kebudayaan. Bisa melestarikan khazanah kerajinan Wastra di NTB agar tidak punah. Kegiatan menenun tak boleh punah, kendati diterpa era modernisasi.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat yang diwakili Sekdanya, Ilham menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi yang telah memberikan kepercayaan sebagai tempat diselenggarakannya launching program Jum’at Salam dan Jum’at Belondong.

“Semoga dengan program ini mampu membangkitkan seluruh aspek kehidupan ekonomi, sosial masyarakat Lombok Barat dan lebih luas lagi seprovinsi,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Sesditjen Bina Pemdes Mendagri, Forkopimda lingkup Pemprov NTB dan Lombok Barat, pelajar mahasiswa dan tamu undangan lainnya. (Red)