DLHK NTB Serahkan Ratusan Bibit Pohon di Desa Sekaroh Lotim

Bibit pohon duren. (Iba/Istimewa)

DetikNTBCom – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB, melaksanakan program Jumat Salam di Dusun Pengeros, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, pada Jumat, 10 November 2023.

Sebelum pelaksanaan Jumat Salam, Penjabat (Pj) Gubernur NTB dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Bumi Gora, Kantor Gubernur NTB.

gambar Iklan

Usai upacara peringatan Hari Pahlawan, langsung berziarah ke makam pahlawan nasional TGKH. Zainuddin Abdul Madjid di Pancor, Lombok Timur. Baru setelah itu, DLHK NTB menuju ke desa binaannya, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Mengawali program Jumat Salam di Kabupaten Lombok Timur, DLHK NTB menyerahkan bantuan berupa 100 batang bibit pohon dan 7 tangki air bersih kepada masyarakat.

“DLHK NTB menyerahkan bibit pohon kepada masyarakat setempat, sebanyak 100 batang, yakni pohon nangka, mangga, alpukat, dan lengkeng. Juga dua tangki air bersih,” kata Sekretaris DLHK NTB Samsudin.

Kondisi lahan di Desa Sekaroh, lanjut Syamsuddin, sangat kritis. Artinya tidak ada lagi kelihatan tanaman besar atau pohon yang menaungi tempat tersebut.

“Kami berharap, dengan bibit yang kami berikan, berupa bibit produktif ini akan memberikan harapan kepada mereka, minimal mereka menanam di halaman rumahnya dulu,” ungkapnya.

Lantaran bibit yang diberikan tersebut hanya sebagai stimulan dan suatu saat masyarakat Sekaroh merasakan manfaatnya. Syamsuddin mengakui, siap memberikan bibit-bibit tanaman lainnya kepada masyarakat setempat.

“Kalau memang masyarakat Desa Sekaroh ingin menambah lagi pohon yang lain, kami (Pemprov) siap membantu dengan bibit yang lain, seperti tanaman kayu putih yang bisa memberikan nilai ekonomi lebih atau tanaman lainnya,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Sekaroh, Mansyur menyampaikan, Desa Sekaroh memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan. Salah satunya sebagai penghasil garam terbesar di Lombok Timur.

Selain itu, Desa Sekaroh juga terkenal sebagai daerah penghasil jagung terbesar di Lombok Timur. Sementara dari sisi pariwisata, Desa Sekaroh terkenal dengan wisata pantai yang mendunia. Salah satunya pantai pink.

“Investasi wisata pantai di Desa Sekaroh, menurut saya sangat menjanjikan,” kata Mansyur.

Sehingga ia berharap, kehadiran Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi dan Pj Bupati Lombok Timur, Muhammad Juani Taofik, dan pejabat DLHK NTB pada kegiatan Jumat salam ini, bisa membantu memaksimalkan potensi yang ada di Desa Sekaroh.

“Jadi mudah-mudahan dengan kehadiran Pak Gubernur dan Pj Bupati Lotim ini sama-sama kita dukung, supaya bagaimana desa Sekaroh ini bisa maju ke depannya,” harapnya.

Keberadaan wisata Pantai di Desa Sekaroh banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, yang menjadi keluhan para wisatawan maupun masyarakat lokal terkait infrastruktur.

“Kalau masalah keamanan sudah aman, mungkin yang harus benar-benar dimaksimalkan oleh pemerintah adalah infrastruktur ini,” ungkapnya. (Red)