Kantor Bahasa NTB Tandatangani Komitmen ZI-WBK 2024

Kepala Kantor Bahasa NTB Puji Retno Herdiningtyas Kantor bahasa NTB melaksanakan Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI- WBK) 2024.

DetikNTBCom – Kantor bahasa NTB melaksanakan Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI- WBK) 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan tujuan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk maju kembali memperoleh predikat ZI-WBK tahun 2024.

Sementara hasil evaluasi di tahun 2023 Kantor Bahasa NTB memberikan sinyal baik untuk itu dengan harapan di tahun 2024 memperoleh predikat Wilayah Zona Bebas Korupsi WBK-ZI WBK 2024.

gambar Iklan

Dalam kegiatan tersebut hadir narasumber yaitu Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan bahasa Kemendikbudristek, analisis kebijakan pertama KemenpanRB.

Kepala Kantor Bahasa NTB Puji Retno Herdiningtyas dalam sambutan menyampaikan kantor Bahasa NTB pada tahun 2023 terkendala, untuk itu Puji menyebut dalam laporan kurangnya pegawai yang tidak melaporkan SPP tahunan atau pengganti LH ASN.

“Tahun ini kita memberikan evaluasi yang kuat di setiap area perubahan, laporan tersebut untuk menjadi agen perubahan sebagai bentuk pertanggungjawaban program dan pelaksanaan pengembangan dan inovasi di tahun 2024,” ungkap Kepala Kantor Bahasa NTB, Puji Retno Herdiningtyas Pencanangan ZI WBK dan evaluasi ZI WBK tahun 2023 di Hotel Santika, Kota Mataram, Sabtu 17 Februari 2023.

Lebih lanjut, Puji berharap dengan pencanangan tersebut dapat menjadi acuan program untuk agen–agen perubahan dan  pencapain tresebut tidak terlepas dari kerjasama dengan mitra Kantor Bahasa NTB dihadiri oleh perwakilan Kantor LKPPN NTB, BNN NTB dan LAPAS Lombok Barat.

“Selama setahun  untuk Kantor Bahasa NTB pelaksanaan program bekerjasama dengan mitra Kantor Bahasa dalam mensukseskan ZI WBK,”Kata Puji.

Kantor Bahasa NTB dalam kegiatan tersebut, selain melakukan pengisian LH-E secara mandiri dan  menandatangani fakta integritas  komitmen bersama pembangunan ZI WBK tahun 2024 dilakukan oleh seluruh pegawai Kantor Bahasa NTB bertempat di Hotel Santika Mataram.

Sementara Sekretaris Badan pengembangan dan pembinaan bahasa (Kemendikbudristek) Hafidz Muksin mengapresiasi kantor Bahasa NTB yang terus semangat dan berinovasi ia menyampaikan dengan perjuangan dengan berbagai inovasi di tahun 2023 lolos seleksi ajang pemilihan satker pemilihan ZWBK (Kemendikbudristek) lewat capaian predikat tersebut menjadi acuan di tahun 2024 mengajukan ZI-WBK.

“Dari sembilan unit kerja badan kerja, kantor bahasa NTB terbaik dari sisi nilaiCV, kedua mengenai pengelolaan anggaran menjadi contoh untuk UPT lain ini menjadi indikator mencapai dengan target pelayanan yang baik,” kata dia

Hafidz Muksin berharap capaian tersebut harus dilanjutkan sehingga inovasi dan kreatifitas yang sudah dilakukan harus ditingkatkan dengan melahirkan agen – agen perubahan.

“Untuk mencapai sukses harus melewati proses bahwa di tahun 2023 hanya sebatas penilaian yang di berikan Kemendikbudristek, insyallah di tahun  2024 kita dapat meraih predikat dari KemenpanRB”cetusnya.

Untuk itu, Hafidz mengatakan kita harus melakukan upaya dan komitmen bersama mencapai tujuan bersama. Hafidz menilai kantor bahasa harus terus melakukan pelayanan dan memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai prinsip dan motto kantor Bahasa.

“Apa yang  menjadi kendala di tahun sebelumnya dan di tahun ini kita merefleksi dan upaya dalam mencapai tujuan bersama,” sambungnya.

Hafidz menilai Lewat transformasi di kantor bahasa tidak akan berhenti dan di tahun ini kami mengupayakan pengajuan wilayah teknis bersama MenpanRB mengajukan menjadi balai bahasa.

“Tentu dengan perubahan tersebut sejalan dan keberlanjutan dengan program prioritas bahasa sastra dan bahasa dan bahasa daerah yang memotivasi kita juga bahwa bahasa indonesia simbol negara di akui dunia dan unisco,” tutupnya. (Iba)