Beranda Uncategorized Bahasa Sebagai Pemersatu Bangsa

Bahasa Sebagai Pemersatu Bangsa

19
0
Foto: Sri Mahyuningsih

Oleh: Sri Wahyuningsih*

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dinamakan Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan berkomunikasi. Sedangkan menurut Harun Rasyid, Mansyur, dan Suratno (2009: 126), arti Bahasa adalah dtruktur dan makna yang bebas dari seseorang sebagai tanda yang menyimpulkan suatu tujuan atau menggambarkan objek tertentu. Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa Bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang diguakan oleh masyarakat untuk berinteraksi dengan orang lain untuk menyampaikan suatu tujuan tertentu.
Negara Indonesia memiliki keanekaragaman bahasa. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa yang berbeda. Namun apa yang sebenarnya menjadi pemersatu dari bahasa-bahasa yang beragam itu? Tentu saja bahasa Indonesia, bahasa persatuan Negara Indonesia. Mempelajari bahasa Indonesia sangatlah penting, terutama bagi warga negara Indonesia sendiri. Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan pentingnya belajar bahasa Indonesia, antara lain: sebagai alat komunikasi dengan masyarakat Indonesia lain yang berbeda daerah dan bahasa, dan juga sebagai identitas bahwa masyarakat tersebut memiliki bahasa kesatuan yang dijunjung tinggi.
Masyarakat di  suatu daerah umumnya menggunakan bahasa daerahnya untuk berkomunikasi. Misalnya masyarakat daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah menggunakan bahasa Jawa, masyarakat Jawa Barat menggunakan bahasa Sunda, masyarakat daerah Riau dan sekitarnya menggunakan bahasa Melayu, dan masih banyak daerah lain yang juga menggunakan bahasanya untuk berkomunikasi dengan masyarakat yang juga mengegrti akan bahasa tersebut. 
Bayangkan apabila seorang dari daerah Sulawesi berbicara dengan orang Jawa menggunakan bahasa Sulawesi—padahal kedua orang ini adalah satu kebangsaan, tentunya akan terjadi kesalahpahaman ataupun ketidak pahaman. Solusi terbaik adalah menggunakan bahasa Indonesia yang tentunya seluruh masyarakat Indonesia di berbagai daerah telah mengetahui dan paham. Itulah salah satu pentingnya belajar bahasa Indonesia.
“Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.” Bunyi poin ketiga dalam sumpah pemuda tersebut merupakan salah satu bukti yang menunjukkan pentingnya bahasa Indonesia. Sebagai warga negara yang baik hendakya dapat menjunjung, mempelajari dan menerapkan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. 
Bahasa menunjukkan bangsa, itu artinya bahasa sebagai identitas bangsa itu sendiri. Bangsa Indonesia memiliki bahasa kesatuan yang dipakai oleh seluruh masyarakatnya untuk berinteraksi satu sama lain dan juga sebagai jembatan penghubung antar masyarakat yang memiliki bahasa yang berbeda.
Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa bahasa Indonesia sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahasa Indonesia sebagai penghubung, pemersatu dan juga alat untuk mendefinisikan suatu objek yang disetujui oleh seluruh msyarakat Indonesia untuk menyampaikan suatu tujuan tertentu. (Sumber: Kompasiana.com)

*Penulis adalah mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT)

Leave your vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings