Beranda Pendidikan DPR RI Komisi XI : Kami Akan Memberikan 100 Orang Beasiswa Nantinya...

DPR RI Komisi XI : Kami Akan Memberikan 100 Orang Beasiswa Nantinya yang Ada di UIN Mataram.

9
0

MATARAM | Anggota DPR RI Hajjah Wartiah membuka acara Roadshow dan Sosisalisasi Program Beasiswa Bank Indonesia 2020 di Auditorium Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram. (4/3/2020)

Hadir dalam kegiatan ini Komisi XI DPR RI Hajjah Wartiah, Gubernur Bank Indonesia Perwakilan NTB, Rektor Universitas Islam Negeri Mataram Profesor Mutawalli, Wakil Rektor III Hajjah Nurul Yakin, Dekan Fakultas Se-UIN Mataram, Ribuan Mahasiswa-Mahasiswi UIN Mataram, dan jajaran Civitas Akademika di Auditorium Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Profesor Mutawalli dalam sambutannya mengatakan  “saya mengapresiasi dan sangat bangga ada alumni UIN Mataram yang membawa kabar baik ke kampus ini terutama teruntuk mahasiswa mahasiswi kami,’’

‘’Tahun 2014 lalu kami salah satu perguruan tinggi negeri yang dapat beasiswa Bank Indonesia wilayah indonesia bagian timur. Namun dengan diskusi kami yang panjang sampai sekarang dapat alhamdulillah diberikan ke mahasiswa kami dan akan terus berlanjut,’’ ungkapanya.

Mutawalli menegaskan beasiswa ini diberikan oleh negara untuk digunakan kepentingan ekonomi, untuk belajar dan mempercepat mahasiswa lulus.

Ia memotivasi mahasiswanya agar selalu menghadirkan misio yaitu menghadirkan masalalu untuk hari ini dengan tulisan dan karya serta tidak melupakan visiom yaitu menghadirkan masa yang akan datang dengan perjuangan masa kini.

Rektor ini juga berpesan kepada mahasiswa yang telah menerima beasiswa dari Bank Indonesia agar tidak menyalah gunakan uang tersebut dalam hal yang tidak produktif.

Kepala Bank Indonesia perwakilan NTB Achris Sarwani dalam sambutannya mengatakan komisi XI yang memiliki tugas dan mewenang yang sangat luas untuk masalah keuangan dan perbankan.

‘’Saat ini UIN Mataram ada 340 mahasiswa yang telah menerima beasiswa sampai sekarang ini yang InsyaAllah tahun ini akan ditambah 75 sampai 100 mahasiswa penerima beasiswa BI tersebut,”tambahnya

Dari 110 perguruan tinggi negeri, UIN Mataram adalah salah satu PTKIN penikmat penerima beasiswa BI. Sehingga total keseluruhan penerima beasiswa seluruh indonesia dari Bank Indonesia sebanyak 6580 mahasiswa yang tercatat sampai saat ini.

‘’Ia menuturkan level tingkat pendididkan SDM suatu daerah pasti berbanding lurus dengan kemajuan ekonominya, itu kenapa BI selalu konsen atas SDM untuk pertumbuhan ekonomi dalam memberikan beasiswa yang digagas oleh BI sendiri dan mitra kerjanya di komisi XI,’’

Saat ini BI telah membuat Generasi Baru Indonesia atau yang dikenal dengan istilah GenBI, penerima beasiswa dan mendapat projeck, pelatihan serta ada jambore nasional untuk generasi yang sesuai zamannya.

Tujuan pemberian beasiswa ini untuk peningkatan kwalitas kegiatan belajar kegiatan produktif dan perkuatan karakter serta percepatan penyelesaian masa studinya.

Hajjah wartiah dalam sambutannya mengatakan “sepertinya saya kembali semuda dulu layaknya anak kuliyahan yang begitu serba terbatas, namun dengan kondisi yang berbeda saat ini kemajuannya sangat signifikan,’’

Ia menegaskan Bank Indonesia adalah mitra kami yang paling cepat merespon apapun bentuk kebutuhan mitra komisi XI untuk program pembangunan ekomomi sosial politik.

Setiap tahun ada penyerapan anggaran dan ini bisa membantu Universitas-Universitas yang ada seperti UIN sekarang ini yang salah satu bentuknya adalah pemberian beasiswa.

Dengan keberadaannya di komisi XI dengan leluasa memberikan bantuan untuk pondok-pondok pesantren yang ada, ini adalah bentuk perbaikan ekonomi untuk pondok pesantren dan madrasah serta secara massif.

‘’Kami akan memberikan 100 orang beasiswa nantinya yang ada di UIN Mataram. Pusat pasti akan menerima itu dengan baik  untuk UIN Mataram,’’pungkasnya

Ia melanjutkan dengan adanya pengembangan ekonomi syariah adalah rujukan dan percontohan bagi negara lain yang telah dikembangkan oleh negara kita, apalagi dengan kapasitas UIN yang selalu mencetak alumnus berlatar belakang syariah.

Sebentar lagi akan  ada festival syariah yaitu pengenalan produk-produk syariah dalam mengelola ekonomi dan UIN Mataram harus ikut serta dalam festival tersebut.

Wartiah berpesan agar semua mahasiswa terus menggali ilmu dan fokus terhadal apapun yang dilakukan, dengan keyakinan dan kebesaran jiwa semuanya akan tercapai dengan keistiqomahan.

‘’beasiswa yang diberikan oleh Bank Indonesia ini agar dipergunakan sebaik mungkin oleh anak-anak kami yang menerimanya karena ini adalah uang milik Negara yang tidak sedikit jumlahnya yaitu satu juta rupiah per bulannya diterima langsung per tiga bulan sekali,’’tegasnya

Selanjutnya Wartiah membuka acara Roadshow dan Sosialisasi Program Beasiswa Bank Indonesia 2020.

www.lombokfokus.com

Leave your vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings