BNI Mataram salurkan CSR berupa hand traktor pada kelompok tani di Sembalun

Kepala Kantor Cabang BNI46 Mataram I Gusti Ayu Ratih Martini (kiri) menyerahkan bantuan dua unit hand traktor kepada dua kelompok tani, Selasa (2/11) di Desa Sembalun Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur

Mataram (Detikntbcom) – BNI Mataram terus berikhtiar membantu menghidupkan perekonomian masyarakat seluruh NTB terutama di sektor pertanian dan peternakan. Salah satunya adalah para petani di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur.

Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian BNI, Pada hari Selasa (2/11), BNI Mataram menyerahkan dua unit hand traktor kepada kelompok tani yang ada di 6 desa di Kecamatan Sembalun.

gambar Iklan
Kepala Kantor Cabang BNI46 Mataram I Gusti Ayu Ratih Martini tengah memberikan sambutan pada penyerahan bantuan dua unit hand traktor kepada petani Sembalun

Kepala Kantor Cabang BNI46 Mataram I Gusti Ayu Ratih Martini menyampaikan, sejak tahun 2017, BNI terus membantu masyarakat Sembalun khususnya di sektor pertanian yaitu petani cabe merah dan bawang putih.

“Total petani yang kami ajak kerjasama sejak 2017 sebanyak 1.886 petani dengan maksimum kredit yang sudah kami salurkan sebanyak Rp18,6 miliar,” kata perempuan cantik ini saat memberikan sambutan pada acara penyerahan bantuan hand traktor bagi mitra BNI di Desa Sembalun Lombok Timur, Selasa (2/11) siang.

Dan yang membuat BNI berbangga pada para petani Sembalun, dari ribuan petani yang sudah dibiayai dan dibantu tersebut nyaris tidak ada yang tidak mampu membayar dalam memenuhi kewajibannya kepada BNI karena menurutnya rata-rata petani yang dibina punya integritas dan bertanggung jawab.

“Sebagai bentuk apresiasi kami kepada petani yang telah bersinergi cukup baik dengan kami menjaga komitmen dengan prinsip saling menguntungkan, maka pada kesempatan ini kami memberikan bantuan CSR berupa dua unit hand traktor kepada seluruh petani di sini yang tergabung dalam kecamatan Sembalun lebih kurang enam desa,” ujarnya.

Sejumlah petani sembalun mendapatkan bantuan KUR masing Rp50 juta dari BNI Mataram

Ratih berharap, bantuan itu mudah-mudahan lebih bermanfaat lebih buat petani, membantu para petani lebih efektif dan efisien dari segi biaya. “Kami serahkan dua hand traktor ini kepada masing-masing ketua kelompok. Dan saya berharap diatur pemakaiannya sehingga seluruh petani bisa merasakan manfaatnya,” harapnya.

Sementara Camat Sembalun Martawi menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNI khususnya BNI unit Sembalun dalam memberikan perhatian penuh kepada masyarakatnya di tengah Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia khususnya NTB.

Pihaknya mengakui bahwa dampak ekonomi dari pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh masyarakat Sembalun. Namun menurutnya, dari sekian banyak sektor yang bergerak dalam bidang ekonomi, yang paling bisa bertahan adalah di sektor pertanian.

Artinya kehadiran BNI di Sembalun ini dalam membantu masyarakat bergerak di sektor pertanian sangat terbantu.

Martawi berharap, antara BNI dan para petani, semangat saling percaya dan saling bertanggungjawab terhadap komitmen itu harus terus ditingkatkan. Karena tanpa rasa tanggungjawab tidak akan bisa dipertahankan apapun bentuk kerjasamanya.

“Oleh karena itu, kami mengapresiasi sumbangsih dan bantuan BNI kepada masyarakat kami yang ada di Sembalun,” tutupnya.

Pada sesi penutup acara, Kepala BNI46 Mataram I Gusti Ayu Ratih Martini menyerahkan secara simbolis bantuan dua hand traktor tersebut kepada dua kelompok tani juga dilakukan penyerahan bantuan KUR kepada lima petani cabe merah dan lima petani bawang putih masing-masing Rp50 juta.

Acara penyerahan tersebut disaksikan oleh Camat, Kapolsek dan seluruh perwakilan petani yang ada di 6 desa se kecamatan Sembalun Lombok Timur di depan kantor cabang pembantu BNI46 Unit Sembalun. (Iba)