Selain ekspor, Pemprov buka peluang perusahaan Jawa dan Sumatera beli jagung di NTB

Jagung hasil produksi para petani di NTB (Dokumen Istimewa)

Mataram (Detikntbcom) – Setelah adanya komitmen dari PT Seger Agro Nusantara melakukan ekspor jagung ke Philippines untuk bisa menyerap kelebihan panen jagung di NTB, kini Pemprov NTB membuka peluang bagi perusahaan pabrik pakan di Jawa dan Sumatera untuk membeli jagung para petani di NTB dengan harga yang relatif tinggi.

“Alhamdulillah malam ini kita bisa tersambung langsung melalui zoom dengan pabrik-pabrik pakan di Jakarta dan di Jawa. Di Jakarta dan Jawa serta Sumatra harga jagung masih cukup tinggi berkisar Rp 5.500-5.800 rupiah per kilogram,” ungkap Gubernur NTB Zulkieflimansyah dilansir dari laman facebook miliknya, Senin 16 Mei 2022.

Masalahnya sambung Bang Zul sapaannya, transportasi ke Jawa dan Jakarta untuk membawa jagung tersebut perlu menjadi perhatian, atau para perusahaan pabrik pakan tersebut akan datang membeli langsung ke NTB dengan harga lebih baik dari yang ada sekarang ini.

Bang Zul sudah meminta Asisten Ekonomi Pemprov untuk segera bekerja mulai malam ini ini untuk berkordinasi dengan Pemda Kabupaten dan Kota di NTB untuk mengatasi masalah transportasi dan prosedur serta harga jika para perusahaan tersebut datang membeli ke jagung ke NTB.

“Terima Kasih Pemda Kabupaten Sumbawa dan Dompu atas saran-sarannya yang luar biasa malam ini sehingga persoalan rendahnya harga jagung ini bisa segera di cari jalan keluarnya,” tutupnya. (Iba)