Rakornas AIK, UMMAT kembangkan ciri khas PTM

Universitas Muhammadiyah Mataram menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/'Aisyiyah bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan di Surabaya.

Surabaya (Detikntbcom) – Universitas Muhammadiyah Mataram menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Kegiatan ini diikuti oleh pimpinan PTM/A dan Lembaga AIK. UMMAT diwakili Abdul Wahab sebagai wakil rektor IV dan Ilham sebagai kepala devisi Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan AIK.

Rakornas ini merupakan ikhtiar Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam rangka pengembangan catur darma PTM/A ke empat yaitu Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Senin-Rabu 4-6 Juli 2022 di Hotel Bumi Surabaya City.

Dalam sambutannya, Prof. Lincolin Arsyad, Ph.D mengatakan bahwa AIK merupakan keunikan dan Keunggulan tersendiri bagi PTM/A.

“Sebagai ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, saya mengharapkan pimpinan PTM/A harus menetapkan kebijakan khusus bagi pengembangan AIK sebagai Living Values (Nilai yang hidup dan menghidupkan) bagi seluruh unsur atau lembaga pada masing-masing PTM/A,” katanya.

Hal ini juga dipertegas oleh Dr Agung Danarto sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, bahwa Rakornas Bidang AIK merupakan acara strategis dan AIK harus menjadi fondasi bagi paham keagamaan dan pengembangan ilmu pengetahuan baik ilmu sosial, eksak, terapan, dan profesi yang mengacu pada nilai-nilai AIK.

Peserta dibekali beberapa materi kegiatan seperti Kebijakan Majelis Diktilitbang PPM dan Program Strategis AIK. Pada akhir sesi kegiatan akan dilaksanakan deklarasi Surabaya terkait Pengarusutamaan AIK di PTM/A.

Sebagai utusan UMMAT Abdul Wahab Wakil Rektor IV menganggap bahwa diperlukan format integrasi kebijakan secara komprehensif terkait pengelolaan dan pengembangan AIK di Universitas Muhammadiyah Mataram. (Iba)