Pertarungan Anies dan Mahfud MD di Pilpres 2024 Bukti Perkaderan HMI Jalan

Dua alumni HMI Anies Baswedan (kanan) dan Mahfud MD bakal bertarung di dua poros yang berbeda di Pilpres 2024 mendatang. (Iba/Detikntbcom)

DetikNTBCom – Dua alumni organisasi kemahasiswaan terbesar di Indonesia yakni Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI diketahui bakal bertarung dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti.

Dua nama alumni HMI tersebut adalah Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD yang baru saja dideklarasikan menjadi Calon Wakil Presiden bersama Ganjar Pranowo.

gambar Iklan

Merespon dua alumninya bakal bertarung dalam Pilpres 2024 itu, Ketua Umum PB HMI MPO Mahfut Khanafi adalah output perkaderan HMI yang dimulai sejak menjadi mahasiswa.

“Meskipun berbeda kubu, saya pikir majunya Mas Anies dan Prof Mahfud adalah bukti dari output perkaderan HMI dan mereka merupakan alumni terbaik hari ini,” ucap Mahfut seperti siaran pers diterima, Rabu 18 Oktober 2023.

Mahfut menyampaikan, sebagai organisasi mahasiswa tertua, HMI sudah berpengalaman dalam melahirkan tokoh-tokoh bangsa dari berbagai sektor profesi.

“Majunya Mas Anies dan Mahfud Md sudah menjadi perbincangan publik, karena memang mereka adalah tokoh terbaik hari ini, tentu HMI juga sudah memiliki Wakil Presiden dulunya sehingga dinamika seperti ini sudah lumrah dan wajar” selorohnya.

Di sisi lain, pria asal Ponorogo tersebut menegaskan jika posisi HMI MPO secara organisasi akan bersikap netral dalam Pilpres dan Pemilu 2024 karena hal tersebut telah tertuang dalam konstitusi HMI.

“Secara konstitusional, HMI akan tetap menjaga independensinya, sehingga sekali lagi saya tegaskan sikap kita secara organisasi akan netral demi terciptanya iklim demokrasi yang baik,” tegasnya.

Kendati begitu, Mahfut mendoakan kepada dua alumninya tersebut agar diberikan jalan yang terbaik dalam mengarungi dinamika Pilpres 2024 nanti.

“Meski kita netral secara organisasi, insyaallah doa terbaik untuk beliau-beliau, karena bagi kami walaupun beliau-beliau sudah alumni tetap menjadi keluarga kami, sehingga doa kami semoga diberikan yang terbaik,” tandasnya. (Red)