Sesditjen Bina Pemdes Kemendagri Apresiasi Program Jumat Salam Pj Gubernur NTB

Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi bersama masyarakat saat launcing Jumat Salam, Jumat 27 Oktober 2023 di Kabupaten Lombok Barat. (Iba/Istimewa)

DetikNTBCom – Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Paudah, mengapreasi program Jumat Salam yang menjadi program unggulan Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi saat menghadiri launching Jumat Salam yang berlangsung di kawasan Wisata Agro di Desa Kebun Ayu, Lombok Barat, Jumat 27 Oktober 2023.

Baca juga: Penjabat Gubernur NTB Launching Resmi ‘Jumat Salam’, Tepis Bukan Agenda Politik

gambar Iklan

Menurutnya, program ini luar biasa karena mencoba menyatukan program-program yang tersebar di seluruh OPD lingkup Pemprov NTB. “Sasarannya sudah tepat, karena semua ujung tombak program pemerintah ada di desa,” ungkapnya.

Dicontohkan Paudah, program pemerintah misalnya bagaimana penurunan angka stunting dan itu semuanya dimulai dari desa. Desa memiliki Posyandu, PKK dan memiliki sumber daya bagaimana intervensi stunting bisa dilakukan.

Selain itu, desa punya pertanian, peternakan sehingga dengan sumber daya yang dimiliki bisa digerakkan di desa.

Baca juga: Pj Gubernur NTB Gaungkan ‘Jumat Salam’ di Desa, Misi Negarawan Bukan Politik Praktis

Terkait Jum’at Belondong atau Bersarung lanjut Paudah, ini merupakan potensi yang luar biasa sehingga Pj. Gubernur bisa memotret sebagai sumber pendapatan desa.

Diakuinya, melihat kain dengan corak yang bagus dan kualitasnya tidak kalah bersaing dengan produk-produk lain serta menjadi ikonik dari NTB dan mesti digerakkan karena kualitasnya bagus dan sumber dayanya ada.

“Jika ini digerakkan menjadi sebuah gerakan, maka masyarakat penenun akan menjadi lebih sejahtera,” tandasnya. (Red)