Danrem 162/WB Resmikan Desa Danger Lotim Sebagai Kampung Pancasila

Danrem 162/WB Brigadir Jenderal TNI Agus Bhakti didampingi Kades Danger Kaspul Hadi saat meresmikan kampung Pancasila, Senin 27 November 2023. (Iba/Istimewa)

DetikNTBCom – Danrem 162/WB Brigadir Jenderal TNI Agus Bhakti meresmikan Desa Danger Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur sebagai Desa Pancasila, Senin 27 November 2023.

Peresmian Kampung Pancasila Desa Danger itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Danrem 162/WB Brigadir Jenderal TNI Agus Bhakti dan Kepala Desa Danger Kaspul Hadi di Tugu Perjuangan Banteng Hitam Masjid Jamik Nurul Jihad Desa Danger Kecamatan Masbagik Lombok Timur.

gambar Iklan

Agus menjelaskan, Kampung Pancasila adalah suatu wilayah yang secara resmi diakui dan diresmikan untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan hidup bersama.

Dalam konteks ini sambungnya, masyarakat di kampung tersebut diharapkan dapat mengamalkan sila-sila pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Kampung Pancasila tidak hanya menjadi tempat tinggal bagi warganya, tetapi juga sebuah simbol konkrit dari upaya membangun kesatuan dalam keberagaman. Penerapan konsep ini memberikan landasan kuat untuk memupuk semangat persatuan dan gotong royong di tingkat Desa,” terangnya.

Agus mengatakan kampung Pancasila itu sudah lama diprogramkan namun baru sekarang bisa terealisasi dan diharapkan Desa Danger akan menjadi Desa Pelopor Kampung Pancasila di Kabupaten Lombok Timur.

“Kita harapkan Desa Danger ini menjadi pelopor kampung Pancasila. Desa yang akan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu akan menjadi landasan dan drap hidup bagi masyarakat di Desa Danger ini dalam kehidupan sehari-harinya dan kita juga berharap akan menjadi contoh bagi Desa-Desa lainnya,” paparnya.

Dipilihnya Desa Danger sebagai Kampung Pancasila, karena memiliki sejarah pada masa penjajahan Belanda, dimana Jalur Danger merupakan momok bagi Belanda, karna di desa itu markas banteng hitam (Para Pejuang Sasak) yang dibuktikan dengan adanya monument perjuangan Banteng Hitam di halaman Masjid Nurul Jihad.

“Danger Selatan sebagai markas perundingan mereka dalam menyusun kekuatan melawan penjajah. Karena ketakutan penjajah itulah nama Danger akhirnya dijadikan nama pemukiman dan dianggap berbahaya oleh penjajah,” pungkasnya.

Diketahui nama-nama veteran Desa Danger (Laskar Banteng Hitam) yang merupakan para pejuang kemerdekaan yang turut membebaskan Lombok Timur dari para penjajah sebagai berikut TGH. Mahsun, H. Misbah, H. Pahrudin, H. Masri, H. Sapoan, H. Sahrudin, Amaq Nursam, Amaq Masirah, Amaq Rat dan Mahasiun.

Tampak hadir pada acara peresmian kampung Pancasila Kasi Log Kasrem 162/WB, Kolonel Arm Heri Bayu Widiatmoko, Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, Kadis PMD Kab Lombok Timur Sulamun Rahman, Wakapolres Lombok Timur Kompol Raditia Suharta, Camat Masbagik, Agus Safandi, Kapolsek Masbagik, Iptu Ery Susanto. Kades Danger Kaspul Hadi. (Iba)