Beranda Wisata Wisata di Benteng Otanaha Gorontalo

Wisata di Benteng Otanaha Gorontalo

96
0
Foto : Gambar Benteng
Infowisataindonesiaterbaru.blogspot.co.id, Gorontaro – Agak berjalan timur Indonesia, ada provinsi Gorontalo yang kaya akan keindahan alam dan sejarah. Objek wisata yang asyik untuk dikunjungi adalah Beteng Otanaha. Dari atas benteng, Anda bisa melihat keindahan Gorontalo dan Danau Limbotonya.


Benteng Otanaha dibangun pada tahun 1522 oleh Raja Ilato. Benteng ini dibangun atas inisiatif para nakhoda kapal Portugis yang berlabuh di Pelabuhan Gorontalo. Tujuan awalnya adalah sebagai pertahanan dan keamanan negeri dari serangan musuh.


Uniknya, dari buku panduan pariwisata Kemenparekraf, Rabu (14/3/2012), diketahui ternyata bahan pembuatan benteng ini hanya dari pasir dan batu kapur. Lebih menakjubkan lagi, kalau biasanya semen digunakan sebagai perekat, Benteng Otanaha hanya menggunakan telur burung maleo untuk merekatkan batu dan pasir. Keren!


Benteng Otanaha dibangun dengan tinggi 7 meter dan berdiameter sekitar 20 meter. Ada 3 benteng yang dihubungkan dengan jalan setapak untuk menuju tiap-tiap benteng. Untuk masuk ke dalam benteng, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp 5.000 untuk tiket masuk.

Foto : Ibrahim Bram Lido (2013)


Benteng ini terletak di atas bukit, tepatnya perbukitan Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Gorontalo. Untuk naik ke atas benteng, pengunjung harus sedikit bersusah payah mendaki tangga yang telah disediakan.


Karena lokasinya yang berada di atas bukit, jumlah tangga yang harus dilalui tentulah banyak, yaitu 348 anak tangga! Tapi tenang saja, untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi, bisa membawanya sampai atas bukit dan parkir di depan benteng. Meskipun perjalanan mencapai benteng cukup melelahkan, semua itu akan terbayarkan begitu tiba di puncak benteng.


Saat tiba di atas benteng, bersiaplah menyaksikan panorama paling indah di Gorontalo. Ya, dari atas Benteng Otanaha, mata Anda akan dimanjakan dengan panorama Kota Gorontalo dan Danau Limboto. Sepanjang mata memandang, yang terlihat adalah hijaunya perbukitan 

Leave your vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings