Beranda Uncategorized LPBI NU NTB Ajak Masyarakat Hidup Bersih

LPBI NU NTB Ajak Masyarakat Hidup Bersih

9
0

Mataram, Musim Hujan yang melanda Nusa Tenggara Barat merupakan berkah bagi para petani, akan tetapi juga bisa mendatangkan penyakit bagi masyarakat.

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdatul Ulama himbau masyarakat untuk berhati-hati. Banyaknya sampah yang dibuang di sungai bisa mendatangkan musibah bagi masyarakat, “Perilaku masyarakat yang sering buang sampah di sembarang tempat termasuk sungai bisa berdampak pada menghambatnya saluran sungai dan bisa terjadi genangan air di lingkungannya” ungkap Muhammad Shalihin Wakil Ketua LPBI NU NTB.

Shalihin juga mengatakan akibat musim hujan, pertumbuhan nyamuk dan lalat bisa lebih cepat karena banyak genangan air yang ada lingkungan sekitar menjadi sarang nyamuk.

“selain itu juga, akibat dari musim hujan bisa meningkatkan cepat mendatangkan penyakit sehingga masyarakat antisipasi dengan melakukan pembersihan pekarangan tempat berkembangbiak nyamuk dan lalat.”

“Keberadaan sungai harus benar-benar bersih dan steril dari sampah-sampah guna mengurangi risiko terjadinya bencana banjir. Luapan air yang bersumber dari sungai ke permukiman warga terkadang tak bisa dikendalikan tatkala sampah sudah berserakan di sungai.” tambahnya.

“Sungai yang bersih tentu untuk mengurangi risiko bencana.” Terangnya.

Mengantisipasi hal yang tidak di inginkan, LPBI Mengajak Lembaga dan Banom NU serta masyarakat untuk melakukan koordinasi dalam mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi.

www.lombokfokus.com

Leave your vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings