Beranda Pariwisata Sekotong Tengah Gunakan Anggaran Desa Buka Wisata.

Sekotong Tengah Gunakan Anggaran Desa Buka Wisata.

13
0

Lombok Barat, LF | Anggaran Desa yang di gelontorkan pemerintah pusat sangat bermanfaat bagi Desa. Pada 2018 lalu Konsep Ekowisata Mangrove dijalankan dan dianggarkan melalu Dana Desa.

Pada termin ketiga 2019 sekitar Rp. 150.000.000 dicarikan untuk pembangunan ekowisata mangrove di Tanjung Batu Desa Sekotong Tengah.

Beberapa tahun terakhir, Mangrove yang dulunya tidak dikelola dengan baik banyak sampah dan kotoran sekarang menjadi indah dan banyak pengunjung.

Kepala Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong saat ditemui di lokasi mengatakan konsep ekowisata mangrove sudah dirancang sejak 2018 dan terealisasi di akhir 2019 karena banyak program prioritas yang harus dilaksanakan sesuai hasil musrembanDes. ” Ini kita anggarakan pada 2018 sebanyak Rp. 150.000.000 untuk pembangunan tracking sepanjang 150 meter dan menara” ungkap Lalu Sarapudin saat ditemui.

ditanya soal pendapatan dari lokasi ekowisata, ia mengatakan bahwa sudah dua Minggu berjalan bisa menghasilkan sekitar Rp. 4.000.000 dan rata-rata pengunjung bisa meraup uang parkir hingga Rp. 200.000 perhari.

Pihak pengelola belum menaripkan uang masuk di destinasi wisata yang dikelola desa ini. pihak pengelola hanya mengambil tarif parkir saja untuk sepeda motor sebanyak Rp. 2.000 perunitnya dan roda empat sebesar Rp. 5000 perunit.

Pembukaan ekowisata mangrove tanjung batu ini berepek positif bagi warga sekitar karena bisa membuat lapangan pekerjaan baru, selain tukang parkir juga masyarakat ada yang mulai berjualan di tempat tersebut.

Pihak pemerintah desa sedang merapatkan agar ekowisata mangrove ini lebih baik lagi, akan ada penambahan tracking dan pembuatan berugak serta lesehan dilokasi tersebut.  ia mengharapkan ada pihak desa yang membantu pengembangan tersebut.

Tata kelola di sekitar lokasi sedang dianggarkan oleh Pemdes untuk membuat lingkungan yang lebih rapi dan bersih agar pengunjung lebih betah dan mendapatkan pengalaman baru. (Dk)

Berikut video wawancara langsung bersama kepala desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong.

www.lombokfokus.com

Leave your vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings