Beranda Uncategorized Pemdes Jakem Lepas Lima Ribu Bibit Ikan untuk Memperkuat Ketahanan Pangan.

Pemdes Jakem Lepas Lima Ribu Bibit Ikan untuk Memperkuat Ketahanan Pangan.

11
0

LOBAR, LOMBOK FOKUS |Pemerintah Desa Jembatan Kembar (JAKEM) Kecamatan Lembar Kabupten Lombok Barat melepas 5.000 (lima ribu) bibit ikan di Peneteh Batu Rimpang.

Upaya ini sebagai langkah penting dalam rangka memperkuat ketahanan pangan dalam rangka mensukseskan lomba kampung sehat yang di gagas oleh polda nusa tenggara barat.

Bibit ikan karper, nila dan tawes ini merupakan bantuan dari Dinas Perikanan Lombok Barat sebagai tim pendukung lomba untuk masing-masing desa.

Acara yang di laksanakan kemarin sore langsung di pimpin oleh camat lembar hasanudin, kapolsek lembar dan posranil lembar, bhabinkamtibmas, babinsa dan tim pendukung dari polairud lembar.

Dalam arahannya sebelum pelepasan bibit ikan ini camat lembar berharap bibit ini harus di jaga bersama sehingga masyarakat bisa menikmati hasilnya nanti, sebab srbagus apaunnprigram jika tidak ada kebersamaan dan rasa memiliki bersama maka hanya akan menjadi kegiatan seremonial semata.

Senada dengan hal itu kepala Desa Jakem, Amirullah mengungkapkan bahwa upaya ini juga tidak hanya dalam rangka lomba saja namun lebih dari itu sebagai upaya memprkuat ketahan pangan lokal serta memanfaatkan media yang ada.

“Kali yang di keruk tahun lalu ini selain di manfaatkan untuk memelihara ikan juga sudah bisa d manfaatkan oleh para petani desa jakem, terbukti beberapa tahunn lalu kampung yang berada di belakang polres lobar ini hanya bisa menanam padi sekali setahun, namun tahun ini sudah bisa dua kali dalam setahun,” Terang Amirullah

Penggunaan anggaran desa untuk merubah kali menjadi embung mini menghasilkan epek luar biasa dibidang pertanian.

“Kali ini juga sudah berubah menjadi embung mini sejak di gali setahun yang lalu yang di anggarkan melalui dana desa.
Dengan dia meter tiga meter lebar dan tinggi tiga meter dengan panjang lebih dari enambrafus meter keberadaan kali ini di harapkan mampu menjadi penyimpan air atau embung mini sehingga bisa di manfaatkan oleh para petani desa setempat,” lanjutnya.

www.lombokfokus.com

Leave your vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings