Beranda Pariwisata Mentri Sandiaga Belajar “Nyesek”

Mentri Sandiaga Belajar “Nyesek”

22
0
Menparekraf Sandiaga Uno “Nyesek” atau menenun Songket di Desa Sukarare

Lombok Tengah- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja di Lombok Nusa Tenggara Barat, Jum’at (15/1).

Sandiaga Uno mengunjungi sejumlah destinasi pariwisata terutama yang berkaitan dengan persiapan perhelatan MotoGP. 

Selain mendapatkan pemaparan persiapan PT Angkasa Pura 1 dalam menghadapi MotoGP, Sandiaga Uno di dampingi Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah juga mengunjungi destinasi wisata yang berada di lingkar bandara dan KEK Mandalika seperti Desa Adat Sade dan pusat tenunan tradisional Desa Sukarare.

Di Desa Sukarare Sandiaga Uno bertemu dengan para pengrajin dan penenun Songket (Tenunan Khas Lombok). Sandiaga menggelar dialog menyerap semua keluhan dan masukan dari penenun.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah Sandiaga Uno “Nyesek” (Bahasa Lombok) atau menenun songket. Karena pertama kali “nyesek” Sandi tampak kesulitan dan dengan sigap emak emak yang sudah ahli menenun membantu Sandiaga Uno.

“Ternyata susah ya menenun (nyesek)  ini,” ujar Sandiaga yang berusaha memintal benang. 

Para ibu ibu penenun yang mendengar keluhan sandi kompak menjawab bahwa menenun songket memang susah dan tidak gampang. Namun budaya menenun di Desa Sukarare ujar mereka telah dilakoni turun temurun. 

“Iya begitulah pak menteri tapi kami tetep lakonin budaya kami ini meskipun kunjungan wisatawan sangat sepi karena pandemi yang mengakibatkan pemasaran hasil kerajinan tenun kami jadi macet,” ujar ibu ibu penenun ini kompak. (Red)

www.lombokfokus.com

Leave your vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings