Produk Mitra Binaan ITDC “Kopi Telapen” Menjadi Peserta KKI 2021 di NTB

Salah satu UMKM mitra binaan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengelola dan pengembang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika/The Mandalika, Lombok, NTB, yaitu Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani, terpilih sebagai UMKM yang berhak menampilkan produknya sebagai produk unggulan NTB dalam acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Eksostisme Lombok yang berlangsung hari ini di Kuta Beach Park The Mandalika, Lombok, NTB.

Mitra binaan ITDC tersebut menjadi satu dari hanya 50 UMKM yang lulus kurasi yang dilakukan oleh Am independen dari Dekranasda NTB dan Balai POM Mataram untuk ditampilkan di KKI, dengan kriteria penilaian antara lain memiliki potensi ekspor, berkualitas premium dan mampu melakukan digitalisasi produk.

gambar Iklan


Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ITDC, Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani yang berasal dari Dusun Persil, Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batu Kliang Utara, Kabupaten Lombok Ten- gah ini telah menjadi mitra binaan perusahaan sejak tahun 2019.

Sebagai mitra binaan, kelompok ini telah menerima bantuan permodalan dan berbagai pelaAhan dari ITDC, termasuk pelaAhan pemasaran online, untuk peningkatan kapasitas usaha dan perluasan pasar. Kopi bubuk robusta yang dihasilkan kelompok ini dinamai Kopi Telapen yang merupakan singkatan dari bahasa daerah “Telangan Peneng” yang artinya Penghilang Sakit Kepala.

Kopi ini sudah dipasarkan di luar NTB maupun luar negeri, yakni ke Kota Yogyakarta, Jakarta, Malang, ke Pulau Kalimantan dan Bali, hingga Malaysia. Kopi ini juga sudah tersedia di beberapa platiorm e-commerce seperti Shopee dan Bukalapak dan sudah dapat diakses se- cara online di h[p://telapenlombok.gomodo.id/.


Vice President Corporate Secretary ITDC Miranti Nasti Rendranti mengatakan, “Kami turut bangga bahwa mitra binaan kami bisa lulus kurasi sebagai salah satu produk unggulan NTB yang ditampilkan pada kegiatan KKI hari ini. Keberhasilan mitra binaan ini menjadi bukti komitmen dan dukungan kami dalam mendorong eksistensi dan kemajuan UMKM lokal di NTB untuk menghasilkan produk-produk bermutu dan unggul di pasar lokal, domestik, bahkan internasional, termasuk upaya pemasarannya, khususnya secara digital. Kami memandang pemasaran online merupakan langkah penting dan efektif dalam menghidupkan kembali roda perekonomian bagi para UMKM lokal di masa pandemi ini.”.


KKI 2021 Eksotusme Lombok merupakan rangkaian acara KKI 2021 yang mewadahi produk buatan UMKM lokal untuk dapat dipromosikan serta mengajak masyarakat umum untuk membeli, memakai, dan atau mengkonsumsi produk hasil UMKM tersebut. KKI 2021 berlangsung di 12 tempat yang berbeda sepanjang tahun. KKI 2021 Eksotisme Lombok di NTB mengambil tema Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

“Kami berharap, melalui program KKI 2021 di NTB ini masyarakat semakin mencintai produk lokal dan bangga menggunakan serta mengkonsumsi produk buatan UMKM lokal, karena produk-produk ini memi- liki kualitas yang Adak kalah dengan buatan luar negeri. Terlebih lagi, bahwa produk UMKM lokal terbukti dapat diterima oleh pasar luar negeri. Kami optimis digitalisasi produk dan dukungan sistem pembayaran online akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses produk unggulan yang dihasilkan oleh UMKM. Dengan demikian kita dapat bersama-sama mendorong pertumbuhan perekonomian rakyat,” tutup Miranti. (Red)