Ratusan pengawas hewan kurban diterjunkan Pemprov NTB

Penyembelihan hewan kurban sumbangan Presiden Jokowi untuk warga NTB (Ist)

Sumbawa Barat (Detikntbcom),- Gubernur NTB Zulkieflimansyah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi NTB telah menerjunkan 825 personil khusus untuk melakukan pengawasan dan pengendalian pada pelaksanaan kurban hari raya Idul Adha 1442 H tahun ini.

Tim pengawasan tersebut merupakan gabungan dari para dokter hewan dan tim dari berbagai stakeholder terkait yang akan memeriksa dan mengawasi baik sebelum hewan dipotong atau sesudah kurban dipotong di seluruh kabupaten kota se-NTB.

gambar Iklan

Hal itu, untuk memastikan bahwa daging kurban yang disalurkan aman dan higienis serta steril untuk dikonsumsi masyarakat.

“Kita akan terus memastikan bahwa hewan kurban yang dinikmati oleh masyarakat benar-benar aman dan sehat,” ungkap Kepala Disnakeswan NTB Khairil Akbar saat mewakili Gubernur NTB meninjau pemotongan hewan kurban di Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa (20/07).

Pria kelahiran Dompu itu mengatakan, tim pengawasan dari provinsi akan bekerjasama dengan tim pengawasan dari pemerintah Kabupaten Kota. Selanjutnya mereka melakukan pemantauan daging kurban hingga H +1 perayaan hari raya kurban.

“Setiap tahun, Disnakeswan tahun tetap membentuk tim untuk pengawasan dan pengendalian terhadap kesehatan hewan kurban sehingga daging yang akan dikonsumsi oleh masyarakat benar-benar aman dan sehat,” tandasnya. (Iba)