Muhammad Taufik Gercep di Hari Pertama Jadi Kadistanbun, Petakan Masalah Pertanian NTB

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB Muhammad Taufik. (Ist)

DetikBTBCom – Hari pertama melaksanakan tugas sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). H Muhammad Taufik, langsung menggelar rapat internal.

Enam balai yang berada di ruang lingkup Distanbun NTB serta empat (4) Bidang di Distanbun dikumpulkan untuk membahas isu-isu krusial yang ada di Distanbun.

gambar Iklan

“Agendanya adalah melakukan pemetaan masalah sekaligus menyiapkan solusinya,” kata H Muhammad Taufik, Kepala Distanbun NTB kepada wartawan, Selasa 04 Juli 2023.

Beberapa masalah yang dihadapi menurutnya adalah yang berkaitan dengan kualitas dan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersedia, masalah infrastruktur, serta keterpaduan koordinasi antar bidang.

“Semua masalah ini akan diperbaiki secara pelan-pelan dengan menggunakan SIM. SIM itu adalah Simple, Inovasi dan Murah,” kata mantan Sekretaris Dinas PUPR NTB ini.

Prioritas Perbaikan Infrastruktur Pertanian

Perbaikan infrastruktur pertanian menjadi salah satu agenda kerja yang akan dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Perbaikan infrastruktur pertanian akan berdampak pada peningkatan produksi,” kata H Muhammad Taufik.

Salah satunya, kata mantan Sekretaris Dinas PUPR NTB ini adalah menyiapkan infrastruktur pertanian seperti sumur bor yang akan dipergunakan pada areal-areal yang mengalami kekeringan akibat adanya kemarau panjang.

“Sekarang tengah kita lakukan pemetaan terhadap potensi lahan yang terdampak kekeringan. Nanti kita koordinasikan dengan beberapa dinas terkait untuk pemasangan sumur bor sebagai solusi sementara sebelum datangnya musim hujan,” pungkasnya. (Red)