PB HMI Suarakan Isu Lingkungan dan Demokratisasi pada Acara Pemuda Asia Tenggara di Thailand

Isyraf Majid selaku Wakil Ketua Komisi Hubungan Internasional PB HMI delegasi peserta guna mengikuti acara Cultural Exchange Activities in Southeast Asia's Multicultural Model (RISEAP-PATANI 2023). (Istimewa)

DetikNTBCom – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO) menjalin kerjasama dalam penguatan prinsip etika lingkungan hidup, keadilan dan peningkatan demokratisasi di wilayah Asia Tenggara.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PB HMI MPO Mahfut Khanafi saat melepas delegasi peserta guna mengikuti acara Cultural Exchange Activities in Southeast Asia’s Multicultural Model (RISEAP-PATANI 2023) pada Kamis, 28 September 2023.

gambar Iklan

“Pengurus Besar berkomitmen untuk ambil peran dalam setiap kegiatan regional maupun internasional khususnya dalam isu-isu lingkungan hidup, mitigasi perubahan iklim, sosial budaya serta politik,” Kata Mahfut seperti siaran pers diterima, Selasa 3 Oktober 2023 di Jakarta.

Kegiatan dengan tema Cultural Exchange in Southeast Asia Multicultural (RISEAP-PATANI 2023) dihadiri oleh para pemikir muda, cendekiawan, aktivis dan tokoh muda muslim untuk memdiskusikan dan berdialog persoalan sosial budaya serta kepemimpinan.

“PB HMI mendelegasikan Isyraf Majid selaku Wakil Ketua Komisi Hubungan Internasional PB HMI untuk mengikuti acara yang berkangsung selama sepekan di Thailand,” pungkasnya.

Senada, Isyraf mengatakan PB HMI MPO sebagai organisasi kepemudaan akan tetap mengawal isu-isu baik lingkungan hidup, demokrasi dan budaya.

“Kedatangan kami dalam Cultural Exchange in Southeast Asia Multicultural (RISEAP- PATANI 2023) merupakan upaya untuk melakukan kerja-kerja diplomasi serta menggaungkan isu-isu sentral yang banyak terpinggirkan khususnya di wilayah Asia Tenggara, yakni isu lingkungan dan demokrasi,” ungkap Isyraf.

Oleh karena itu, lanjut Isyraf PB HMI berharap terbangunnya sinergi dan upaya kolaborasi yang transformatif antara organisasi-organisasi yang hadir pada kegiatan kali ini.

Lebih lanjut Isyraf berharap agar kegiatan ini nantinya dapat menjadi platform untuk pertumbuhan dan pemberdayaan generasi muda di Asia Tenggara.

“PB HMI berharap semoga cultural exchange ini dapat menjadi platform untuk pertumbuhan dan pemberdayaan generasi muda untuk menyongsong era baru sebab tantangan kita ke depan semakin jelas dan nyata,” pungkas Isyraf. (Red)