Beranda Kabar Desa Optimalkan PADes Dengan Atraksi Budaya

Optimalkan PADes Dengan Atraksi Budaya

42
0
Kompak kades Barabali saat berpose bersama masyarakat setempat dan wisatawan yang berkunjung ke lokasi peresean (11/12)

BATUKLIANG—Pemerintah Desa Barabali, Kecamatan Batukliang memaksimalkan potensi Pendapatan Asli Desa (PADes). Salah satunya dengan mengangkat wisata budaya dan atraksi budaya peresean.
Kepala Desa Barabali, Lalu Ali Junaidi menjelaskan, di 2020 mendatang pihaknya bakal menyulap lapangan yang merupakan aset desa setempat dengan berbagai event. Salah satunya, dengan program syurga olahraga yakni penyiapan lapangan voly, sepaktakraw, sepakbola, dan bulu tangkis.
“Kita siapkan Rp 400 juta untuk beragam pembenahan,” ungkapnya saat ditemui di lokasi acara kemarin.

Ia menambahkan, lapangan olahraga yang terintegrasi ini bakal dilenglapi tribun untuk menonton. Terlebih, panorama di lapangan setempat jika dilihat dari jauh bisa melihat secara langsung Gunung Rinjani.
“Untuk sementara dalam berbagai event, kita tidak patok retribusi untuk menonton peresean dan kegiatan olahraga disini. Namun ke depan, berkat lokasi yang strategis untuk olahraga dan atraksi ini tentu akan menjadi bagian dalam memaksimalkan PADes,” bebernya.
Disi lain, pengembangan wisata berupa pembuatan waterboom di Dusun Kelanjuh, potensi agrowisata. yang berada di wilayah Dusun Celegeh dan terhubung dengan wilayah Mertak Wire juga bakal menjadi atensi Pemdes. Begitu juga dusun adat yang ada di Dusun Kelanjuh Lauk dengan adanya gedung museum dan sejarah serta Balai Adat atau balai sangkep.
“Inilah pemikiran kita ke depan. terlebih dengan kegiatan peresean ini. penontonnya bukan hanya warga Desa Barabali, namun dari luar desa dan wisatawan mancanegara datang menyaksikan. Ini modal besar kita untuk mengembangkan kegiatan desa untuk mendatangkan wisatawan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua panitia Adnan Mukhsin menambahakan, pemuda Desa Barabali sangat antusias mempersiapkan dan mensukseskan acara HUT desa yang ke 76.
“Ia mengatakan peran pemuda dalam pembangunan sangat penting karena bagaimanapun pemuda sebagai penggerak perubahan, maju atau mundurnya suatu desa terletak dari keaktifan pemuda dan masyarakat setempat. Sehingga pemuda harus mengambil bagian dari pembangunan maupun pemberdayaan, terlebih dengan perkembangan pariwisata yang ada di loteng, sehingga dalam Iven HUT desa ini semoga bisa menggugah semangat pemuda yang sebelumnya fasif menjadi aktif, karena bagaimanapun juga berhasil atau tidaknya suatu desa tergantung dari peran pemuda,” tutupnya. (Bt)

www.lombokfokus.com
Iklan TOI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here