Beranda Kabar Desa Semparu Latih Kebugaran Tubuh BKD

Semparu Latih Kebugaran Tubuh BKD

11
0
Kades semparu bersama Babinsa Desa Semparu sedang melatih Kebugaran tunuh anggota BKD, kemarin.
KOPANG- Badan keamanan desa (BKD) Desa Semparu, Kecamatan Kopang latih kebugaran tubuh seluruh personil untuk siap siaga menanggulangi bencana. Pasalnya cuaca ekstrem mulai mengguyur daerah NTB terlebih daerah Lombok Tengah.
Kades Semparu, Lalu Ratmaji mengatakan, kesehatan dan kebugaran personel harus tetap terjaga dan selalu diutamakan. Menyoal BKD adalah lembaga yang selalu siap siaga menangani apapun bentuk bencana dan masalah yang ada di desa.
“Aman dan tidaknya suatu desa tergantung dari kompak atau tidaknya BKD, karena lembaga ini sangat berperan penting dalam penjagaan keamanan, kenyamanan dan ketertiban desa. Untuk itu seluruh personil dituntut tegas untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga bersama setiap minggu, karena tubuh mereka harus sehat dan kuat kalau tidak kuat mana bisa menjaga desa,” ungkapnya saat ditemui dirumahnya kemarin.
Diakuinya, pelatihan ini akan digelar sekali seminggu untuk memaksimalkan kekompakan dan kesadaran personel dalam berlatih maupun bekerja. Karena kebugaran dan kesehatan tubuh menjadi modal utama untuk berjuang dalam menjalankan tugas.
Ketua BKD, Bukri mengatakan, kegiatan ini rutin akan dilaksanakan setiap minggu dikantor desa yang dilatih langsung oleh Babinsa Desa Semparu.

Pelatihan sedang berlangsung yang langsung di pimpin oleh babidnB Desa Semparu, Serda Tamrin, kemarin.

Babinsa semparu, Serda Tamrin mengatakan, pelatihan kebugaran tubuh ini sangat penting bagi tubuh seorang BKD atau orang yang bertugas menjaga keamanan.

“Alhamdulillah dalam kesempatan kali ini saya mengajarkan ilmu bela diri ala militer kepada seluruh anggota BKD, karena ilmu bela diri adalah poin utama yang harus dikuasai oleh anggota keamanan,” ucapnya.
Selain untuk menjaga kebugaran tubuh kegiatan seperti ini juga diupayakan untuk menjaga kekompakan dan kedekatan emosional antara sesama anggota maupun pemdes.
“Kegiatan ini diharapkan bisa lebih meningkatkan kekompakan, rasa solidaritas dan mempererat hubungan emosional antar sesama anggota dan ketua, karena kekompakan suatu tim tidak terlepas dari kerja sama personil,” ucapnya.
Ia berharap, semoga dengan diadakan pelatihan kebugaran tubuh ini, BKD  bisa lebih intens dalam mengkawal dan menjaga keamanan desa. Bisa bersinergi dengan segala lini baik di ruang lingkup desa maupun kecamatan.
“Yang namanya menjaga keamanan masyarakat, tentu tidak terlepas dari usaha, dan tanggung jawab yang besar sehingga apapun yang menjadi permasalahan masyarakat maupun lingkungan BKD harus ikut serta dalam menyelesaikan dan mengamankan peristiwa itu,” tuturnya.
Ia menambahkan, gerakan ini dilakukan untuk antisipasi bencana alam,  karena cuaca ekstrem mulai menerjang wilayah lombok tengah seperti angin puting beliung yang menyebabkan ratusan rumah warga nyaris roboh.
“Ketika kesehatan sudah terjaga  maka tenagapun akan siap berekasi kapanpun dan dimanapun, katika sudah terlatih dari awal maka semuanya akan menjadi mudah,” tutupnya. (Bt)

www.lombokfokus.com

Leave your vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings