Beranda Kabar Desa Dukung Program Zero Waste, Pemuda Barabali Ubah Ban Bekas jadi Barang Bernilai.

Dukung Program Zero Waste, Pemuda Barabali Ubah Ban Bekas jadi Barang Bernilai.

17
0
Lalu Ali Junaidi, Kepala Desa sekaligus pembina bank sampah Desa Barabali.

LOTENG| Sampah selalu menjadi masalah karena susah terurai, namun tidak bagi warga di Desa Barabali, Kecamatan Batukliang. Kepala Desa Barabali, Lalu Ali Junaidi melakukan gebrakan luar biasa bersama pemuda di Dusun Kelanjuh Lauk.

Pengelolaan sampah di Desa Barabali yang dibina oleh Kepala Desanya sendiri mampu mengubah Ban Bekas dan Sampah Plastik menjadi suatu yang bernilai jual tinggi.

Diantara kerajinan yang di hasilkan dari Ban Bekas berupa Pot Bunga, Kursi, Meja dan berbagai kerajinan Tas Unik yang di hasilkan dari sampah plastik.

Adanya kerajinan ini, Lalu Junaidi mengaku banyak manfaat yang dirasakan oleh warga desanya. Diantaranya dapat mengurangi angka penganguran.

“Alhamdulillah banyak pemuda yang antusias ikut mengerjakan kerajinan ini. Manfaatnya pun sudah di rasakan oleh para pengerajin walaupun belum besar, karnya ini kan baru mulai beberapa bulan”tuturnya

Kades Barabali ini juga berharap ada dukungan lebih dari pemerintah daerah maupun pusat.

“Kami juga berharap ada dukungan dan support dari dinas instansi terkait karna ini adalah salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah yaitu Zero Waste” harapnya.

Sementara pemasaran masih menjaring masyarakat lokal di sekitar Lombok Tengah. Untuk harga Bervariasi, mulai dari Rp25.000 sampai Rp100.000an.

Pengelolaan sampah ini juga sejalan dengan visi Gubernur NTB menyongsong NTB Gemilang, ia mengatakan ihtiar yang dilakukan upaya untuk mendukung gerakan NTB Zero Waste dari desa.

“Kami juga berharap bisa berkontribusi untuk mendukung NTB Gemilang dibawah kepemimpinan Bapak Zulkflimansyah, semoga saja bapak gubernur bisa menyaksikan langsung pengelolaan sampah menjadi kerajinan di desa kami” terang pria yang akrab dipanggil LAJ.

Bagi yang ingin membeli atau melihat langsung proses pembuatan bisa langsung datang, tepatnya di Dusun Kelanjuh, Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah.

Sebagai informasi, Usaha kreatif ini sementara didukung oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dam diberikan operasional berbentuk kendaraan roda tiga untuk memperlancar produksi dan penimbunan sampah. (Dk)

www.lombokfokus.com

Leave your vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings