Gandeng Emeratus Curator of Southest Asian Art, Museum Negeri Bakal Gelar Kuliah Umum di NTB

Kepala Museum Negeri NTB Ahmad Nuralam menerima kunjungan Emeratus Curator of Southest Asian Art and Galery Norttem Territory Australia Dr James Bennett di kantornya, Selasa 6 Juni 2023.

DetikNTBCom – Kepala Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (NTB) Ahmad Nur Alam menerima kunjungan Emeratus Curator of Southest Asian Art and Material at Museum and Galery Northern Territory Australia James Bennett di kantornya, Selasa 6 Juni 2023.

Dalam kesempatan ini, Alam sapaan akrab Kepala Museum, menyampaikan gambaran umum Museum NTB serta rencana strategis Museum NTB yaitu ‘Kotaku Museumku, Kampungku Museumku’.

“James sangat sepakat dengan rencana strategis yang kami sampaikan, dan beliau siap membantu museum untuk mengembangkan lagi tentang budaya,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kesepakatan bersama James untuk mengadakan kuliah umum terkait dengan pembentukan dan pengelola museum.

“Diskusi tadi, Beliau sepakat akan memberikan kuliah umum bersama stekholder terkait dengan pembentukan dan pengelola museum, yang nantinya kami akan laksanakanĀ pada minggu terakhir bulan juni mendatang,” katanya.

Alam, yang juga mantan Kabag Hukum Lobar, berharap dengan pertemuan ini dapat menjadi ajang silaturahmi untuk berkolaborasi membangun museum NTB lebih maju lagi.

“Saya berharap agar kedepannya museum dapat berkembang lagi,” harapnya.

Sementara itu, melalui pesan email, Emeratus Curator of Southest Asian nArt and Material at Museum and Galery Norttem Territory Australia James Bennett mengatakakan sangat senang Museum Negeri NTB mempunyai rencana strategis berupa ‘Kotaku Museumku dan Kampungku Museumku’ karna akan memberikan efek penyadaran betapa pentinya menjaga nilai budaya dan sejarah di lingkungan sekitar.

“Saya terkesan dengan program yang museum lakukan untuk mempromosikan minat masyarakat, seperti lewat media sosial, sebagai upaya untuk mempromosikan museum-museum di seluruh propinsi NTB,” katanya.

Dengan begitu, sehubungan dengan perbincangan ini, tentunya Ia dengan senang hati siap untuk mempersembahkan kuliah ppt dalam Bahasa Indonesia berjudul ‘Peran Museum pada Masa Kini’ untuk seminar berbagai interest group yang museum ingin mengundang hadir pada acara tersebut.

“Setelah memeriksa kalender saya, Senin 26 Juni akan menjadi tanggal terbaik untuk saya, tetapi tolong beri tahu saya jika Bapak Iebih suka tanggal Iain,” katanya.

Ia juga mengatakan senang akan pertemuan ini, dan tentunya senang berkenalan dengan kepala museum NTB dan terharu menerima buku-buku publikasi Museum NTB serta baju kaos sebagai cinderamata.

“Saya akan senang bertemu dengan bapak Iagi sehingga saya dapat mempelajari Iebih Ianjut tentang ide dan tujuan Bapak sehingga dengan izin Bapak pada minggu depan saya dapat mengunjungi museum lagi,” harapnya. (Red)

google.com, pub-7422621097501686, DIRECT, f08c47fec0942fa0