Pemprov NTB Raih Penghargaan Anugerah Pemda Peduli Penyiaran KPI 2023 

Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi bersama Kadis Kominfotik Najamuddin Amy serta Ketua dan Wakil Ketua KPID NTB Ajeng Roslinda Motimori-Afif Adan menerima penghargaan dari KPI Pusat, Minggu 26 November 2023 di Jakarta. (Iba/Istimewa)

DetikNTBCom – Pemerintah Provinsi NTB meraih penghargaan Anugerah KPI 2023 kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat.

Penghargaan ini hanya diberikan kepada 6 (enam) provinsi di Indonesia di antaranya, Provinsi NTB, Banten, Kalimantan Timur, Lampung, Bengkulu, dan Sulawesi Selatan.

gambar Iklan

Baca juga: KPID NTB Mengawal Desa Peduli Penyiaran

Anugerah penghargaan tersebut diterima langsung Penjabat (PJ) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi diserahkan oleh Ketua KPI Pusat, Ubaidillah, bertempat di Grand Ballroom Ayana Midplaza, Jakarta, Minggu 26 November 2023.

Gita menyampaikan berterima kasih kepada KPI Pusat yang telah mengapresiasi kinerja pemerintah di daerah. Gita juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua, Wakil Ketua dan seluruh Komisioner KPID NTB yang telah berkinerja dan berkolaborasi sehingga menghasilkan inovasi berupa buku pedoman desa peduli penyiaran.

“Ini adalah salah satu ikhtiar pelibatan Kepala Desa dan Masyarakatnya dalam mengawasi isi dan konten siaran radio dan televisi agar menjadi siaran dan konten yang sehat, inspiratif, edukatif dan melahirkan siaran lokal yang berkualitas,” jelasnya.

Sementara itu Ketua KPID NTB, Ajeng Roslinda Motimori mengucapkan terima kasih kepada Jajaran Pemprov NTB dari Eksekutif dan Legislatif sebagai mitra utama yang serius memberikan dukungan fasilitasi infrastruktur dan anggaran bagi keberlangsungan KPID di NTB.

Ketua KPID NTB didampingi oleh Wakil Ketua KPID Afif Adnan membersamai Pj Gubernur NTB dan Kadis Kominfotik NTB Najamuddin Amy menerima anugerah KPI Pusat tersebut.

Bang Najam, sapaan Kadis Kominfotik, dalam kesempatan tersebut turut menjelaskan berbagai dukungan kelembagaan Pemprov NTB kepada KPID yang telah diberikan secara maksimal.

“Tahun kemarin, Pemprov NTB telah memberikan dukungan anggaran termasuk menaikkan gaji, dukungan fasilitas kantor mandiri, kolaborasi bersama Pemprov dan Mitra 70 Lembaga Penyiaran,” jelasnya.

Kadis juga menjelaskan Kominfo NTB dan KPID NTB menjadi satu-satunya Pemda yang memiliki Inovasi ‘Desa Peduli Penyiaran’ dan memiliki Buku Pedomannya. Buku Pedoman Desa Peduli Penyiaran dilaunching Anugerah Penyiaran KPID NTB pada tanggal 9 September 2023 di Lombok Raya.

Desa Peduli Penyiaran sendiri melibatkan Pemdes dan Masyarakat Desa dalam melakukan Pengawasan Partisipatif terkait isi dan konten siaran.

“Semoga penghargaan yang diterima ini dapat memacu semangat Pemprov NTB dalam menayangkan siaran yang lebih berkualitas kepada masyarakat,” tandasnya. (Red)