Polda NTB resmi menahan Ketua KSU Rinjani Sri Sudarjo

Ketua KSU Rinjani Sri Sudarjo (SS) tersangka dugaan penyebar berita hoax soal dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) oleh Polda NTB pada, Rabu (16/2).

Mataram (Detikntbcom) – Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Rinjani Sri Sudarjo akhirnya resmi ditahan Polda NTB dalam kasus  dugaan penyebaran informasi hoaks yang menimbulkan keresahan masyarakat, Jumat, 8 April 2022.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto mengatakan pelaku telah ditangkap dan ditahan. Dalam waktu dekat akan dilimpahkan ke Kejaksaan.

gambar Iklan

“Betul hari ini yang bersangkutan ditahan oleh Polda NTB. Rencana dalam waktu dekat segera dilaksanakan tahap II oleh penyidik ke Kejaksaan,” ujarnya.

Sebelumnya, pada 14 Februari 2022, Sri Sudarjo ditetapkan tersangka oleh Penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda NTB.

Dia ditetapkan tersangka karena menyebarkan video melalui kanal YouTube berisi hoaks pemerintah menyembunyikan dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) dan menggagalkan program pemerintah tentang bantuan 3 ekor sapi untuk satu anggota KSU Rinjani dengan anggaran Rp 100.000.0000.

Padahal justru kenyataannya program pemerintah tentang bantuan 3 ekor sapi untuk satu anggota KSU Rinjani dengan anggaran Rp 100.000.0000  memang tidak ada dalam anggaran pemerintahan daerah atau pemerintah pusat.

“Dia terkait dengan hoax dana PEN,” tandas Artanto.

“Dalam waktu dekat akan diserahkan ke kejaksaan (tahap 2). Pelaksanaannya dikoordinasikan dengan JPU,” ujarnya.

Tersangka dijerat pasal 28 ayat 2 dan pasal 27 ayat 3 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Selain kasus hoaks dana PEN, Sri Sudarjo juga berpotensi terjerat kasus lainnya seperti penipuan terhadap nasabah koperasi dengan menarik iuran untuk program tersebut.

Namun Polda NTB masih fokus pada kasus hoaks tersebut untuk dilimpahkan ke Kejaksaan.

“Kita fokus menanti tahap II dalam waktu dekat. Itu (kasus berbeda) nanti tersangka lain lagi, step by step,” ujar Artanto. (Iba)