Firdaus ditetapkan sebagai Pj Ketua Umum PB HMI menggantikan Affandi Ismail

Pejabat (Pj) Ketua Umum PB HMI Firdaus. (Istimew)

Jakarta (Detikntbcom) – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) mengadakan Rapat Presidium di Sekretariat PB HMI MPO pada Senin, 9 Januari 2022.

Rapat pleno yang dihadiri oleh Ketua-Ketua Komisi PB HMI ini menetapkan Firdaus Al Ayyubi sebagai Pejabat Ketua Umum (PKU) PB HMI menggantikan Affandi Ismail. Affandi Ismail telah skorsing oleh cabang asalnya, yakni HMI Cabang Makassar sebagai anggota HMI.

gambar Iklan

Dalam rapat tersebut Firdaus mengatakan bahwa dirinya siap untuk menjadi Pejabat Ketua Umum PB HMI demi perkaderan dan perjuangan HMI.

Ia berkomitmen untuk menyukseskan Kongres ke-33 HMI yang rencananya diselenggarakan di Jakarta Selatan pada 30 Januari hingga 5 Februari 2023 mendatang.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya siap jadi Pejabat Ketua Umum PB HMI,” ujar Firdaus asal HMI Cabang Mataram ini disambit riuh oleh peserta rapat.

sebelumnya, HMI MPO Cabang Makassar resmi mengeluarkan surat skorsing kepada Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HMI, Afandi Ismail tertanggal 6 Januari 2023

Pemberian skorsing dengan pemberhentian sementara status keanggotaan Afandi Ismail tersebut berdasarkan keputusan Rapat Pleno dan Rapat Presidium HMI Cabang Makassar yang dilaksanakan pada 12 Desember 2022, 15 Desember 2022 dan 5 Januari 2023.

Berdasarkan SK yang beredar yang dikutip redaksi dari grup whatsapp pada Sabtu, 7 Januari 2023, Affandi Ismail dinilai melanggar konstitusi HMI hingga diduga kuat berpolitik praktis.

Dari penjelasan surat keputusan Nomor: 013/A/KPTS/06/1444 Tentang Pemberian Skorsing atau Pemberhentian Sementara, Affandi Ismail melanggar Anggaran Dasar HMI Pasal 11 dan 12, dan Anggaran Rumah Tangga Pasal 14 dan 23.

Tidak hanya itu, Affandi Ismail juga dipandang melanggar Pedoman Struktur Organisasi dan Pedoman Keanggotaan HMI.

Pasca pemberhentian Affandi Ismail, HMI Cabang Makassar kemudian mendesak PB HMI melaksanakan Rapat Presidium untuk menunjuk Pejabat Ketua Umum PB HMI. (Iba)