Kolaborasi Bank NTB Syariah dan Musuh Bebenes Gelar Bersih Sampah

Seseorang mengangkat sampah di Sungai Jangkok Ampenan Kota Mataram. (Istimewa)

DetikNTBCom – Bank NTB Syariah dan Komunitas Musuh Bebenes menggelar aksi bersih-bersih sampah di Muara Jangkok, Kampung Melayu, Ampenan Tengah – Kota Mataram, Minggu 1 Oktober 2023 lalu.

Kegiatan yang bertajuk ‘Yuk Bebersih chapter #2’ itu merupakan wujud kepedulian Bank NTB Syariah terhadap lingkungan.

gambar Iklan

Muara Jangkok dipilih sebagai lokasi aksi bersih-bersih sampah tersebut karena Sungai Jangkok bermuara di Pantai Ampenan di mana bantarannya dipadati pemukiman penduduk, sehingga sering memicu banjir dan penyebab polusi air.

Bank NTB Syariah dan Musuh Bebenes mengajak Insan Amanah Bank NTB Syariah termasuk warga sekitar untuk turut berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih tersebut.

Sebanyak 5 ton sampah yang ditaruh pada lebih dari 200 trashbag berhasil dikumpulkan.

Direktur Pembiayaan Bank NTB Syariah Muhammad Usman mengatakan aksi tersebut tidak hanya untuk membersihkan sampah semata, namun juga mendorong kesadaran masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan dan ikut menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita memang tidak bisa membersihkan seluruh sampah di Mataram atau Nusa Tenggara Barat ini, tapi paling tidak upaya kecil kita ini bisa mendorong kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan ikut menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Upaya untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan karena memang masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Berdasarkan penelitian Tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) NTB, menemukan pada air Sungai Jangkok mengandung rata-rata 290 partikel mikroplastik dalam 100 liter air.

Efek mikroplastik sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Apabila manusia mengkonsumsi ikan yang telah terkontaminasi polutan akan memiliki dampak berbahaya bagi metabolisme dan mengganggu hormon manusia.

Bank NTB Syariah dan Musuh Bebenes ke depannya akan terus bekerjasama dalam memerangi sampah di NTB. Tidak hanya sungai, lokasi-lokasi banyak sampah akan dibersihkan dengan mengajak warga berpartisipasi.

“Insya Allah ke depan kita tidak terjun (bersihkan sampah) ke sungai aja tetapi ke pantai segala macam lokasi banyak sampah akan kita bersihkan bersama Bank NTB Syariah,” kata Komunitas Musuh Bebenes, Muhammad Solihin.

Kegiatan bersih-bersih sampah di Sungai Jangkok juga turut menggandeng pihak kecamatan, kelurahan, karang taruna hingga masyarakat sekitar muara.

Lurah Ampenan Tengah, Budiawan mengucapkan terima kasih kepada Bank NTB Syariah dan Musuh Bebenes dalam aksi kepeduliannya menjaga lingkungan di Sungai Jangkok.

“Menjadi harapan bersama kita untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat,” katanya. (Red)