Pegelaran Seni Budaya Mbojo 2023 Resmi Dibuka, Pembina IMBI Mataram: Budaya Bima Disegani Ratu Inggris

Pembina IMBI Mataram yang juga bendahara Rukun Keluarga Bima Pulau Lombok (RKB PL) Efendi Kusnandar saat membuka secara resmi Pagelaran Seni Budaya Mbojo 2023 yang digelar IMBI Mataram, Minggu 3 Desember 2023 di Teater Terbuka UPT Taman Budaya NTB. (Iba/DetikNTBCom)

DetikNTBCom – Event pagelaran seni dan budaya Mbojo tahun 2023 resmi dibuka. Dibuka secara resmi oleh Bendara Umum Rukun Keluarga Bima Pulau Lombok (RKB PL) Efendi Kusnandar pada, Minggu 3 Desember 2023 yanh digelar di teater terbuka UOT Taman Budaya NTB di Kota Mataram.

Efendi Kusnandar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pagelaran seni budaya Mbojo yang digelar hari ini adalah kegiatan yang digelar setiap tahun diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Bima (IMBI) Mataram.

gambar Iklan

Baca jugaPSBM 2023 IMKOBI Mataram Sukses Digelar, Dae Iwan Ajak Mahasiswa Rawat Budaya Mbojo

Bakal Calon Bupati Bima itu mengungkap bahwa budaya Bima sangat disegani oleh Ratu Inggris yaitu Ratu Elisabet saat berkunjung budayawan Bima Ina Kau Mari Dr Sitti Mariam Salahuddin di negeri The Three Lions itu.

“Budaya Bima ini sangat diapresiasi dan disegani oleh Ratu Elisabeth saat Ina Kau Mari ke Inggris,” ungkap pembina IMBI Mataram itu.

Efendi berharap, event tahunan IMBI Mataram ini menyadarkan mahasiswa dan masyarakat Bima untuk terus dirawat sebaik-baiknya.

Sebelumya Pj. Ketua Umum IMBI Mataram Muhammad Farhan menjelaskan bahwa kegiatan pagelaran Seni Budaya Mbojo Tahun 2023 ini adalah ajang silaturrahim mahasiswa Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu di Pulau Lombok ini.

Melalui kegiatan seperti ini beber pria disapa Hans itu, jika dipelajari dan diseriusi dengan baik maka akan melahirkan sosok yang memiliki kompetensi baik nasional bahkan internasional. “Kegiatan semacam ini perlu kita rawat bersama,” ajaknya.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah sejumlah sesepuh masyarakat Bima dan Kota Bima di Pulau Lombok serta dihadiri oleh ratusan penonton dan peserta lomba.

Lomba itu mengahdirkan salah satu dewa juri tertop yaitu Syamsurrizal Sudarmin atau disapa Dae Syam. (Red)