Mentan Syahrul Yasin Limpo Tunjuk NTB Salah Satu Penyangga Pangan Nasional Hadapi El Nino

Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo usai menggelar rapat koordinasi penanggulangan ancaman El Nino di Kota Mataram, 12 Agustus 2023.

DetikNTBCom – Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo optimis dampak perubahan iklim ekstrim kekeringan (El Nino) di Nusa tenggara Barat (NTB) bisa terkendali dengan baik.

Syahrul Yasin Limpo pun memacu Provinsi NTB khususnya Kota Mataram untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim ekstrim kekeringan (El Nino) agar tidak berdampak terhadap penurunan produksi pangan.

Mantan Gubernur Sulsel menjelaskan bahwa provinsi NTB ditunjuk sebagai salah satu penyangga kawasan Indonesa timur untuk ketersediaan pangan khususnya beras dalam menghadapi El Nino.

“Provinsi NTB tentu bersama Gubernur NTB bersama jajaran dinas, bersama Walikota dan Bupati dalam rangka mengkondisikan kesiapan NTB menjadi salah satu provinsi yang akan menyangga kawasan Timur untuk ketersediaan pangan kita khususnya beras dalam menghadapi kontraksi el nino sebagai ancaman,” ungkap Syahrul saat melakukan rapat koordinasi penanggulangan El Nino dan Tanam Padi Serentak bersama petani di Kota Mataram, Sabtu 12 Agustus 2023.

Syahrul mengungkapkan, bahwa alasan dirinya memilih NTB sebagai salah satu dari enam provinsi sebagai penyangga pangan nasional, karena NTB katanya teruji dalam beberapa tahun terakhir bahwa produksi pasangannya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

“Oleh karena itu, tentu harus didorong dan diberi ruang. NTB mungkin sudah selesai secara ke dalam daerah berkontribusi terhadap masyarakatnya, tapi NTB harus berkontribusi juga terhadap kepentingan nasional,” terangnya.

Selain itu, Syahrul Yasin Limpo juga mengajak Gubernur dan Bupati Walikota untuk menjadi pahlawan bagi pertanian di Indonesia.

“Kedatangan saya, mengajak pak Walikota, Pak Kadis dan Pak Gubernur untuk menjadi pahlawan pertanian,” ajaknya.

Dalam kunjungan tersebut, Syahrul juga membagikan 4 unit Alsintan, bibit serta obat-obatan kepada para kelompok tani Kota Mataram. Tidak lupa politisi partai Nasdem tersebut mengajarkan cara membuat pupuk biosaka kepada para petani padi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi NTB, Muhammad Taufieq Hidayat mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan hasil panen serta mengantisipasi dampak iklim el nino. “Semoga dampaknya tidak terlalu terasa di wilayah kami,” ujarnya. (Red)

google.com, pub-7422621097501686, DIRECT, f08c47fec0942fa0