Perpustakaan UMMAT Perkenalkan Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Mahasiswa Baru

Kepala UPT Perpustakaan UMMAT Iskandar Hamadiah bersama civitas akademika. (Istimewa)

DetikNTBCom – Unit Pelayanan Teknis Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram (UPT UMMAT) memperkenalkan pendidikan pemakaian Artificial Intelligence (AI) bagi mahasiswa.

Kegiatan yang digelar 25-27 September 2023 melibatkan seluruh mahasiswa baru UMMAT itu selain memperkenalkan pendidikan pemakaian AI, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru tentang sumber informasi, penelusuran informasi, penggunaan informasi dalam dunia akademik.

gambar Iklan

“Yang terbaru adalah pemanfaatan Artificial Intelligen (AI) dalam dunia akademik,” kata Kepala UPT Perpustakaan UMMAT Iskandar Hamadiah, Selasa 26 September 2023 di Mataram.

Dalam sesi pendidikan pemakai periode tahun 2023 ini kata Iskandar, pihaknya memperkenalkan informasi-informasi terbaru kepada mahasiswa baru berkaitan dengan temu kembali informasi yaitu pemanfaatan Artificial Intelegen (AI) sebagai media temu kembali informasi yang cukup mudah untuk dimaafatkan.

Lebih lanjut Iskandar menyampaikan, UMMAT sebagai kampus swasta terbaik memastikan sumber informasi yang dapat dijadikan referensi kuliah bagi mahasiswa baru sangat representatif.

“Kami sudah jadi pelanggan jurnal internasional dari speringer nature dengan ratusan sabjek keilmuan, mengembangkan perpustakaan digital berbasis website dan playstore yang dapat didownload melalui handphone. Selain itu, pelayanan informasi berbasis online,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan progres transformasi yang cukup signifikan dalam proses digitalisasi skropsi dan tugas akhir mahasiswa yang sudah bisa diakses secara online melalui repostory institusi UMMAT yang sudah dilakukan sejak tahun 2020.

“Transformasi yang kami lakukan dalam rangka mastikan UMMAT sangat serius dalam menyediakan sumber informasi referensi terbaik bagi mahasiswa,” bebernya. (Red)